Mengenal Manfaat Clean Eating untuk Menuju Kulaitas Hidup Lebih Baik dan Sehat

Mengenal Manfaat Clean Eating untuk Menuju Kulaitas Hidup Lebih Baik dan Sehat

Ilustrasi foto: pola diet clean eating.-Foto: Unsplash.com/FarhadIbrahimzade-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Istilah clean eating sebenarnya bukanlah suatu metode diet untuk menurunkan berat badan. Pemahamannya memang sering disalah artikan sebagian orang selama ini. clean eating adalah suatu metode pola makan yang memiliki aturan-aturan tertentu. 

Tujuannya untuk meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup, serta menjauhkan seseorang dari penyakit noninfeksi seperti jantung, stroke, dan kanker. 

Untuk menerapkan pola makan clean eating dalam hidup, kamu bisa memulainya dengan langkah yang sederhana, yaitu mengganti makanan yang kurang sehat dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayur dan buah-buahan segar. 

Tapi, apakah clean eating memang baik untuk dilakukan? Simak ulasannya pada artikel di bawah ini!

BACA JUGA:

Meningkatkan Energi

Makanan sehat (seperti gandum, sayur, dan buah-buahan) akan menutrisi tubuh, sehingga membuat kamu berenergi dan lebih produktif dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ini karena makanan tersebut banyak mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk mengoptimalkan kinerja organ tubuh. Clean eating juga bisa meregulasi kadar gula dalam darah (glukosa), sehingga mencegah terjadinya kelelahan akibat peningkatan glukosa setelah mengonsumsi karbohidrat.

Kesehatan Mental

Terakhir, omega-3 dan vitamin B6 yang dikonsumsi lewat makanan clean eating dapat meningkatkan perasaan bahagia serta menjauhkan depresi dan gangguan mood. Jika Anda ingin menerapkan clean eating sekaligus mendapatkan berat badan ideal, Anda dapat mengonsumsi susu meal replacement. Pilihlah susu yang kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, serat, dan vitamin mineral lainnya.

Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Pola makan dengan clean eating dipercaya bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler (seperti stroke, hipertensi, dan penyakit jantung). Ini karena kandungan vitamin dalam buah (terutama vitamin C) bisa membantu menguatkan pembuluh darah. Kandungan lemak baik (high density lipoprotein/HDL) seperti yang ditemukan dalam kacang-kacangan, alpukat, dan minyak zaitun juga bisa mencegah kenaikan kadar kolesterol jahat (low density lipoprotein/LDL) dalam tubuh, sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:

Jantung Sehat

Sayur dan buah, terutama yang kaya akan vitamin C, baik untuk kesehatan dinding pembuluh darah. Tak hanya itu! Diet kaya sayur dan buah juga dapat menurunkan risiko penyakit stroke, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: