Spooring Ban Mobil Tak Perlu Ribet ke Bengkel, Lakukan Sendiri di Rumah!

Spooring Ban Mobil Tak Perlu Ribet ke Bengkel, Lakukan Sendiri di Rumah!

Ilustrasi spooring ban secara mandiri bisa dilakukan tanpa harus ke bengkel, auto hemat biaya--Freepik

Apabila mobil Anda menggunakan dop pelek, maka Anda perlu melepaskan komponen tersebut untuk memudahkan proses spooring. 

Selanjutnya, Anda perlu melingkarkan benang layangan yang sudah Anda persiapkan sebelumnya ke bagian roda belakang menuju ke arah roda depan. Kemudian lanjut ke bagian roda belakang yang sama pada bagian sisi lainnya. Selain itu, Anda juga dapat mengikat ujung benang pada bagian chasis, per, atau komponen-komponen yang terletak di bagian dalam belakang roda. 

Apabila di bagian roda depan terdapat celah, maka Anda perlu melakukan penyetelan panjang tie rod. Atur panjang tie rod hingga mencapai nilai setelan yang sesuai. 

Selanjutnya, lepas baut yang tertera pada tie rod dengan menggunakan kunci pipa yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Gunakan kunci ukuran 10 atau 17 untuk melepas baut tersebut. Kemudian jangan lupa lakukan penyetelan pada batang tie rod dengan menggunakan kunci ukuran 13 atau 14. 

Selanjutnya, putar bagian batang tie rod menggunakan kunci ukuran 13 atau 14 hingga roda bagian belakang dan depan bersentuhan dengan benang secara pas. Selanjutnya, Anda perlu memastikan tidak ada bagian yang terlalu renggang atau menekan pada salah satu sisi roda depan.

Terakhir, Anda bisa mengencangkan kembali baut yang tertera pada tie rod dengan menggunakan kunci ukuran 17 atau 19.

BACA JUGA:Jangan Asal Beli! Begini Cara Pilih Ban yang Pas Buat Mobil Listrik

BACA JUGA:Jangan Diabaikan! Ini Jenis-jenis Velg Mobil dan Tips untuk Memilih Velg yang Tepat

2. Spooring Ban dengan Meteran

Seperti diketahui, ketika hendak melakukan spooring maka posisi kemudi mobil haruslah lurus. Untuk meluruskan posisi tersebut, Anda bisa melajukan mobil hingga menempuh jarak sekitar tiga meter. Kemudian, gunakan rem tangan untuk memosisikan kemudi atau setir dalam kondisi lurus.

Selanjutnya, ukur bagian dalam jarak antara roda depan mobil menggunakan meteran yang sebelumnya sudah dipersiapkan.

Selanjutnya, ukur roda bagian belakang mobil dengan meteran. Ukur bagian belakang roda depan dari sisi kiri ke kanan. Pastikan kedua roda tersebut memiliki hasil ukur yang sama. Cara ini mirip dengan cara spooring dengan menggunakan benang. Pastikan hasil penyetelan roda tidak menyentuh angka 1-5 milimeter.

Itulah tadi kedua cara melakukan spooring ban mobil secara mandiri, dengan mengikuti beberapa Langkah yang sudah disampaikan semoga bisa memberikan hasil sesuai dengan harapan. Semoga bermanfaat.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: