Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja Sih?

Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Kulit Jeruk yang Baik untuk Kesehatan Tubuh, Apa Saja Sih?

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tubuh.-Foto: Unsplash.com/SherazShaikh-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jeruk merupakan salah satu buah yang banyak digemari di seluruh dunia. Namun, sebelum memakan buah Jeruk, biasanya kita harus mengupas kulitnya terlebih dahulu dan membuangnya. 

Ternyata banyak manfaat kulit jeruk yang jarang diketahui, lho! kulit jeruk ternyata mengandung nutrisi penting dan sebaiknya dimakan daripada dibuang. Nutrisi penting ini menjadi manfaat kulit jeruk yang patut diperhatikan. 

Manfaat kulit jeruk bagi kesehatan dihasilkan karena kulit tersebut memiliki kandungan vitamin yang tidak kalah banyak dibandingkan dengan kandungan buah jeruknya sendiri.

Penelitian mengatakan bahwa kulit jeruk kaya akan senyawa flavonoid dan beberapa phytochemical penting lainnya yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

BACA JUGA:

Kulit jeruk juga mengandung polifenol, senyawa yang bisa melindungi tubuh dari beragam penyakit. Dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat kulit jeruk bagi kesehatan. Berikut Penjelasannya :

1. Mencegah Alergi

Histamin merupakan bahan kimia yang bertanggung jawab atas timbulnya reaksi alergi. Manfaat kulit jeruk mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pelepasan histamin.

2. Menjaga Kesehatan Gigi

Kulit jeruk ternyata mengandung senyawa antibakteri serta mineral berupa fosfor dan kalsium. Senyawa antibakteri berguna untuk mencegah pembentukan plak serta gigi berlubang, sedangkan fosfor dan kalsium diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu, kulit jeruk juga memiliki senyawa yang disebut limonene. Limonene disinyalir dapat memutihkan gigi secara alami, sebab senyawa ini melarutkan kotoran yang menempel pada permukaan gigi.

3. Antikanker

Kulit jeruk mengandung fitonutrien dan limonene yang bersifat antikarsinogenik. Kandungan ini akan mengaktifkan enzim detoksifikasi antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan sel kanker dalam tubuh.

4. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: