Wae Rebo Resmi Ditetapkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia

Wae Rebo Resmi Ditetapkan sebagai Desa Tercantik Kedua di Dunia

Pesona desa Wae Rebo sebagai Desa tercantik kedua di dunia--

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Dinas pariwisata Nusa Tenggara Timur menyatakan bahwa sebuah lembaga survei internasional bernama The Spectator index telah menetapkan kampung adat wae rebo di Kabupaten manggarai, provinsi NTT sebagai salah satu desa tercantik di nomor urut dua di dunia tahun 2024 ini setelah Rothenburg ob der tauber di Jerman.

"Ya kita masyarakat NTT patut berbangga karena kampung adat wae rebo di nobatkan sebagai desa tercantik ke dua di seluruh di dunia", kata plt kadis pariwisata NTT, Joni Lie Rohi.

 

Dia mengatakan hal ini setelah lembaga tersebut merilis hasil survei mereka terhadap sejumlah desa atau kota kecil di dunia dengan keindahan alam dan budaya yang menakjubkan.

Joni menambahkan bahwa masyarakat NTT juga patut berbangga karena dari seluruh kawasan wisata di Indonesia hanya desa wae rebo di kabupaten Manggarai saja yang di lihat atau di lirik.

Wae rebo merupakan sebuah desa yang terletak di ketinggian 1.100 mdpl dan di kelilingi oleh penggunungan. 

Jumlah warga yang tinggal di daerah itu diperkirakan hanya mencapai 1.200 jiwa, dan desa ini terdiri dari tujuh rumah adat berbentuk kerucut yang menjadi daya tarik tersendiri.

BACA JUGA:6 Jadwal Tiket Pulang-Pergi Rute Surabaya-Kuala Lumpur, Berharga Murah Bingit, Check Di id.trip.com

Wae rebo juga telah dinobatkan sebagai warisan budaya dunia pada tahun 2021 lalu.

Kadis pariwisata mengatakan bahwa patut diakui bahwa beberapa potensi wisata di NTT memang dilirik oleh dunia,yang terakhir adalah pulau sumba ditetapkan sebagai pulau terindah di dunia.

"Kali ini wae rebo, hal tersebut artinya bahwa kita punya daya tarik untuk bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung dan tentu saja artinya ini semakin dikenal oleh dunia" tambah dia.

Menurut dia,keberhasilan wae rebo dan juga pulau sumba sebagai dua lokasi yang tercantik di dunia itu karena konsep pengembangan pariwisata NTT yang berkelanjutan yang berkaitan dengan Community Based Tourism untuk membangun pariwisata kedepannya.

Dia menambahkan yang perlu di dorong saat ini adalah lebih kepada kualitas pelayanan wisatawan sehingga wisatawan yang datang bisa mempunyai pengalaman yang menarik dan bisa membuat wisatawan untuk terus berdatangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: