Jelang Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2024, PB WI Gelar Kejurnas Taolu dan Sanda

Jelang Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2024, PB WI Gelar Kejurnas Taolu dan Sanda

Kejuaraan Nasional Wuhsu Junior Taolu & Sanda serta Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior tahun 2024-Disway.Id/Dimas Rafi-DISWAY Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Dalam rangka seleksi atlet Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2024 mendatang, Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) telah menyelenggarakan Tahap Final Stage Nasional yang meliputi Kejuaraan Nasional Wuhsu Junior Taolu & Sanda serta Kejuaraan Open Wushu Taolu Senior tahun 2024 .

GOR Tennis Indoor Senayan, Jakarta, menjadi pilihan venue kejuaraan nasional mendatang. Berlangsung selama lima hari, mulai Rabu, 3 Juli hingga Sabtu, 7 Juli, ajang ini akan menampilkan bakat ratusan atlet.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo dalam sambutan pembukaannya menyampaikan harapannya agar ajang ini dapat melahirkan atlet-atlet muda yang memiliki keterampilan yang diperlukan agar bisa sukses di kompetisi internasional yang signifikan.

"Kami selaku pemerintah yang menaungi olahraga tentunya sangat mengapresiasi Wushu Indonesia yang mana hari ini mengadakan Kejurnas Wushu Junior," katanya.

Menurut Dito, olahraga Wushu telah mengalami serangkaian kemajuan positif. Ia mengungkapkan optimismenya atas kontribusi berkelanjutan olahraga ini.

BACA JUGA:

"Jadi wushu menjadi olahraga yang menjaga tradisi dan diharapkan selalu memberikan medali emas yang banyak," ujar dia.

Partisipasi dalam ajang ini melibatkan total 300 atlet, yang dipilih dari hasil seleksi itu sekitar seribu individu yang berasal dari seluruh Indonesia.

Pemusatan latihan (Pelatnas) Kejuaraan Dunia Wushu Junior ke-9 yang berlangsung di Brunei Darussalam pada 22-30 September 2024 akan menyambut 60 atlet junior berprestasi terpilih dari Kejuaraan Nasional.

"Setelah Kejurnas ini kami akan menetapkan tim untuk menyiapkan Kejuaraan Dunia Junior nanti," ujar Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Wushu Indonesia Ngatino.

Pada tahun 2022, kota Tangerang di Indonesia menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Wushu Junior edisi ke-8.

Indonesia sebagai tuan rumah dengan bangga mengirimkan 23 atlet berprestasi hasil seleksi nasional. Tim Indonesia meraih peringkat ketiga yang mengesankan dengan total meraih 10 medali emas, 2 perak, dan 5 perunggu.

Selain itu, prestasi membanggakan juga diraih Wushu Indonesia pada Kejuaraan Wushu Junior Asia yang digelar di Macau pada Agustus 2023. 

Dalam ajang tersebut, timnas wushu junior Indonesia berhasil menorehkan prestasi mengesankan yakni 6 medali emas, 14 medali perak, dan 10 perung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: