Update Prakiraan Cuaca BMKG Indonesia Minggu 30 Juni 2024, Sebagian Wilayah Dilanda Hujan Lebat

Update Prakiraan Cuaca BMKG Indonesia Minggu 30 Juni 2024, Sebagian Wilayah Dilanda Hujan Lebat

Prakiraan cuaca BMKG di Indonesia pada Minggu, 30 Juni 2024.-Foto: Ilustrasi/Freepik -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berdasarkan pantauan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di laman web.meteo.BMKG.go.id, cuaca di sebagian wilayah Indonesia diperkirakan hujan pada Minggu, 30 Juni 2024. 

Menurut pantauan dari BMKG untuk beberapa wilayah akan dilanda hujan disertai kilat adalah provinsi Aceh, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung.

Lalu, BMKG memperkirakan cuaca di pulau Sumatera diprediksi akan mengalami hujan lebat. Rata-rata suhu yang tercatat di kota tersebut yaitu sebesar 24-33 derajat celcius.

BACA JUGA:

Bergeser ke pulau Jawa, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di kota Surabaya. Sedangkan cuaca berawan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Serang, Jakarta, dan Yogyakarta. 

Selanjutnya, di pulau Bali dan Nusa Tenggara, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di kota Kupang. Selain itu, cuaca berawan tebal dan berawan masing-masing diprakirakan terjadi di kota Denpasar dan Mataram.

Beralih ke pulau Kalimantan, secara umum hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Palangkaraya, Banjarmasin, dan Samarinda.

Di pulau Sulawesi, patut diwaspadai hujan disertai petir diprakirakan terjadi di kota Mamuju. Selain itu, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Makassar, Gorontalo, dan Manado.

Berikutnya, di wilayah Indonesia Timur, hujan dengan intensitas ringan diprakirakan terjadi di sejumlah kota. Seperti, Ambon, Ternate, dan Jayapura. 

BACA JUGA:

BMKG menekankan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi cuaca ekstrem ini. Informasi ini bersifat umum dan dapat diperbarui setiap 3 jam melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store.

Masyarakat diimbau untuk selalu memantau perkembangan cuaca terkini dan mengikuti peringatan BMKG untuk menjaga keselamatan dan kesiapan menghadapi kondisi cuaca ekstrem yang mungkin akan terjadi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: