Begini Tanggapan Erick Thohir saat Ditanya Target Timnas di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Begini Tanggapan Erick Thohir saat Ditanya Target Timnas di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Dunia 2026

Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat Presscon di Danareksa, Jakarta Pusat-Istimewa/Dimas Rafi-DISWAY Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Erick Thohir, Ketua Umum PSSI terang-terangan membahas target Timnas Indonesia menghadapi Piala AFF 2024 yang bertepatan dengan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

Pada bulan Juni lalu, tim besutan Shin Tae-yong menorehkan prestasi luar biasa dengan berhasil melaju ke babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Meski menderita kekalahan 0-2 melawan Irak pada 6 Juni, kemenangan 2-0 skuad Garuda atas Filipina lima hari kemudian mengamankan tempat mereka di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Di penghujung tahun, Timnas Indonesia akan dihadapkan pada keputusan yang harus diambil, untuk menambah prestasi mereka.

November mendatang akan menjadi tuan rumah matchday kelima dan keenam babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona ASIA.

Diselenggarakan secara bersamaan di bulan yang sama, Piala AFF 2024 dan agenda-agenda di atas mampu bersinggungan dan berdampak bagi kemajuan tim Garuda, meski tidak dilaksanakan secara bersamaan.

BACA JUGA:

Dianggap sebagai salah satu pesaing utama juara Piala AFF 2024 mendatang, timnas Indonesia menjadi favorit banyak orang.

Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong memiliki potensi untuk berhasil memimpin dan meloloskan dua tim ke Piala Dunia 2026 dan Piala AFF 2024, menunjukkan kemampuannya dalam menyatukan tim.

Meski begitu, Erick Thohir, Ketua Umum PSSI, terang-terangan mengakui Piala AFF saat ini bukan prioritas utama.

Oleh karena itu, ia menegaskan tidak akan memberikan tekanan apa pun kepada Shin Tae-yong untuk meraih hasil maksimal di Piala AFF 2024.

"Soal AFF tadi saya udah jelaskan bahwa tidak di semua kompetisi kita menargetkan hasil maksimal, Kalaupun ada kita harus menarik lagi yang muda-muda. Kalau yang sekarang sudah di senior main lagi, saya rasa tak fair juga,” Ujar Erick di Danareksa, Jakarta Pusat.

Kendati demikian, Erick memastikan hal tersebut bukan berarti Timnas Indonesia tak akan tampil maksimal. 

Skuad Garuda akan mengumpulkan pemain-pemain untuk berjuang mencapai tujuan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: