Daftar Negara dengan Turis Paling Royal, Indonesia Peringkat Berapa ya?

Daftar Negara dengan Turis Paling Royal, Indonesia Peringkat Berapa ya?

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki wisatawan dengan pembelanjaan barang luar negeri terbesar --

1. Tetapkan Limit Belanja

Ketika bepergian ke luar negeri, kamu cenderung memiliki lebih banyak waktu untuk jalan-jalan dan sering tergoda dengan berbagai barang, sehingga tertarik untuk membelinya. Namun, hal ini tentu akan membuatmu semakin boros.

Oleh karenanya, cara belanja murah di luar negeri yang satu ini bisa diterapkan. Ya, coba tetapkan batas anggaranmu untuk belanja serta jumlah barang yang akan dibawa pulang sesuai dengan budget.

2. Menentukan Barang yang Akan Dibeli

Ketika belanja di luar negeri, berhati-hatilah dengan barang yang akan dibeli. Pastikan bahwa kamu sudah memastikan barang atau produk tersebut sesuai, mulai dari ukuran, warna, fungsi, dan lain-lain.

Jika barang yang dibeli ternyata tidak sesuai, maka mungkin akan sulit bagi kamu untuk melakukan return. Alhasil, uang yang dikeluarkan untuk membeli barang tersebut jadi sia-sia. Sudah keluar uang tapi tidak bisa digunakan, sayang sekali bukan?

3. Pahami Barang-Barang yang Dilarang

Tidak masalah membeli apa pun di luar negeri, tapi pastikan sesuatu yang kamu beli bukan termasuk barang-barang yang dibatasi atau dilarang masuk ke Indonesia, ya.

Membawa barang yang dilarang atau tidak diizinkan masuk biasanya akan berakhir penyitaan. Sehingga, sayang sekali jika kamu sudah mengeluarkan uang untuk barang tersebut tapi pada akhirnya tidak bisa memilikinya. Jadi, pastikan membeli dan membawa barang yang diizinkan serta dalam batas yang sesuai dengan aturan negara.

4. Pertimbangkan Kegunaan

Jika ingin belanja murah di luar negeri, sebaiknya kamu juga mempertimbangkan fungsi dan urgensi barang yang akan dibeli. Terkadang, seseorang hanya lapar mata dengan barang tertentu, padahal sebenarnya tidak membutuhkannya.

Jika dirasa tidak penting, maka kamu bisa mempertimbangkan uang yang dimiliki untuk membeli hal lain yang lebih diperlukan. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa boncos.

5. Belajar Tawar-menawar

Sama halnya dengan Indonesia, jika kamu berkunjung ke daerah Asia, khususnya Asia Tenggara seperti Thailand, maka harus pintar melakukan tawar-menawar, ya. Beberapa pasar lokal biasanya tidak mencantumkan harga pasti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: