6 Candi Peninggalan Kerajaan di Kediri Jawa Timur, Ada yang Telah Berusia Lebih dari 1000 Tahun

6 Candi Peninggalan Kerajaan di Kediri Jawa Timur, Ada yang Telah Berusia Lebih dari 1000 Tahun

Candi Tegowangi yang ada di Para Kediri Jaww Timur Foto : Teras Info Foto : --

JAKARTA,RADARPENA. CO.ID- Saat era kejayaan Agama Hindu dan Buddha di Nusantara terutama di Jawa banyak sekali terdapat Candi-Candi. Candi-candi dipergunakan untuk  tempat sembahyang Ummat. Bahan utama membuat candi adalah batu-batu kokoh atau batu andesit. Karena bahan dari batu yang kuat oleh karena itu masih banyak bangunan candi yang tetap berdiri hingga sekarang.

Seperti halnya Candi-candi yang terdapat di Kabupaten Kediri Jawa Timur. Sekarang ini, Candi tersebut dimanfaatkan oleh masyarakat untuk  wisata, budaya, sejarah sambil mempelajari arsitektur Candi yang merupakan Karya dari pendahulu dan yang kuat berdiri dengan bentuk bangunan yang indah dan megah.

Berikut nama-nama Candi di Kediri Jawa Timur yang dmanfaatkan untuk  wisata

1. Candi Suworono

Candi Suworono merupakan candi Hindu peninggalan kerajaan Majapahit. Ukuran Candinya kecil berada di Desa Canggu Kecamatan Para, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Kondisi Candi sudah tidak utuh lagi, dan hanya menyisakan bagian dasarnya saja.

BACA JUGA:

Berdasarkan penelitian sejarah, Candi ini dibuat, tempat pendharmaan Bhre Wengker, Sosok raja dari kerajaan Wengker yang berada di bawah kekuasaan Majapahit.

Masuk ke kawasan Candi dikenakan tiket Rp5.000 per orang, buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. di Kawasan Candi tersedia fasilitas toilet, taman, tempat duduk, kios makanan dan musholla.

2. Candi Tondowonso

Candi Tondowonso berlokasi di Dusun Tondowongso. Saat ditemukan kondisi candi dalam keadaan tertimbun materil letusan Gunung Kelud.

Berdasarkan penelitian sejarah, Candi ini sudah berdiri sejak tahun 1006 di masa kerajaan Mataram Kuno. Saat masa kejayaan Kerajaan Kediri yang dipimpin Raja Kertajaya, Candi tetap berdiri megah.

Namun sekarang kondisinya dinilai memprihatinkan karena kurang terawat. Harga tiket gratis, jam buka 24 jam setiap hari.

3. Candi Klotok

Lokasi Candi Klotok di area wisata Gua Selomangleng. Berada di dekat hutan area pendakian menuju puncak Gunung Klotok. Namun belum diketahui pasti hingga kini, kapan candi ini mulai di bangun.

BACA JUGA:

Proses penelitiannya sudah dimulai sejak 1994. Dari hasil penelitian Candi Klotok berfungsi sebagai tempat peribadatan, tetapi tidak mengacu ke aliran tertentu melainkan kepada leluhur yang dianggap bersemayan di atas Gunung. Lokasi di Pojok Mojorolo Kabupaten Kediti Jawa Timur, Jam buka 24 jam setiap hari dan tak ada tiket alias gratis.

4. Candi Tegowangi

Candi ini sangat terkenal, dan memiliki bentuk bujur sangkar dengan susunan batu andesit. Candi peninggalan Kerajaan Majapahit dan diperkirakan dibangun pada tahun 1400 SM. Fungsi candi ini sebagai tempat pendharmaan Bhra Matahun.

Masih beberapa Arca di Candi ini, seperti Parwati Andhenari,Garuda berbadan manusia dan sisa Candi di sudut tenggara. Lokasi di Tegowangi Kecamatan Plemahan, Kediri Jawa Timur.

Jam buka Senin-Sabtu 07.00 WIB – 15.00 WIB dan hari Minggu 24 jam. Tiket gratis, dengan fasilitas Tour Guide, lahan parkir luas, toilet umum, gazebo, dan kios makanan. 

5. Candi Dorok

Candi Dorok ditemukan pertama kali oleh Petani saat hendak menanam bibit melinjo di pekarangan rumahnya pada tahun 1996. Saat ditemukan hanya berbentuk segi empat  yang terbuat dari batu bata.

Jika dilihat dari bahan pembentuknya diperkirakan Candi ini dari Abad ke-10, walau asal usul Candi belum bisa dipastikan. 

Tiket gratis, jam buka setiap hari mulai pukul 08.00 WI – 16.00 WIB lokasi berada di Dorok Manggis Kecamatan Puncu, Kediri Jawa Timur.

6. Candi Gurah

Lokasi Candi gurah, tak jauh dari Candi Tondowongso, terdapat sebuah candi lain bernama Candi Gurah dengan jarak sekitar 300 meter. Wisatawan dapat menemukan sejumlah arca dan fragmen prasasti.

Perkiraannya dibangun pada masa yang sama. Candi ini dan candi Tondowongso  berkaitan satu sama lain karena struktur dan arcanya yang serupa. Lokasi area sawah atau Kebun Gayam, Kecamatan Gurah Kediri Jawa Timur. jam buka setiap hari 24 jam harga tiket gratis.

Demikianlah 6 Candi bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Kediri di Provinsi Jawa Timur.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: