Dikenal Cerdas, Ini 9 Manfaat Pelihara Anjing untuk Kehidupan Sehari-hari

Dikenal Cerdas, Ini 9 Manfaat Pelihara Anjing untuk Kehidupan Sehari-hari

Manfaat pelihara Anjing/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai Sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Memelihara anjing bisa membawa banyak perubahan positif dalam kehidupan sehari-hari. 

Selain menjadi teman yang setia, anjing juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kesejahteraan fisik, mental, dan sosial pemiliknya. 

Berikut adalah beberapa manfaat utama memelihara anjing dalam kehidupan sehari-hari:

1. Meningkatkan Aktivitas Fisik

Memelihara anjing hampir pasti akan membuat Anda lebih aktif. Anjing membutuhkan latihan rutin, seperti berjalan, berlari, atau bermain, yang juga mengharuskan pemiliknya untuk bergerak. 

Beberapa manfaat fisik dari aktivitas ini termasuk:

Peningkatan Kebugaran: Berjalan-jalan dengan anjing setiap hari dapat membantu meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan menjaga berat badan tetap ideal.

BACA JUGA:

Menurunkan Risiko Penyakit: Aktivitas fisik yang teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kondisi kesehatan lainnya.

Mengurangi Stres dan Kecemasan: Aktivitas fisik, terutama di luar ruangan, dapat membantu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Interaksi dengan anjing dapat memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan mental:

Mengurangi Kesepian: Anjing memberikan companionship yang bisa membantu mengatasi rasa kesepian, terutama bagi mereka yang tinggal sendiri.

Meningkatkan Mood: Bermain dan berinteraksi dengan anjing dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamin yang dapat memperbaiki suasana hati dan mengurangi depresi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: