8 Tanda Kehamilan yang Umum hingga Jarang Disadari Selain Telat Haid

8 Tanda Kehamilan yang Umum hingga Jarang Disadari Selain Telat Haid

Tanda kehamilan yang umum hingga jarang disadari selain telat haid--pexels.com/Melike Benli

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menjadi seorang ibu adalah anugerah indah bagi wanita. Mempelajari tanda-tanda kehamilan adalah langkah awal yang penting dalam menyambut anugerah tersebut.

Telat haid memang menjadi tanda kehamilan yang paling umum diketahui. Namun, tahukah Anda bahwa ada 8 tanda kehamilan lain yang sering tidak disadari oleh ibu hamil?

Memahami tanda-tanda kehamilan selain telat haid dapat membantu Anda mengetahui kehamilan lebih awal, sehingga Anda dapat segera melakukan pemeriksaan dan mempersiapkan diri dengan lebih baik untuk menyambut sang buah hati.

Dikutip Radarpena dari mitrakeluarga, berikut ini 8 tanda kehamilan yang jarang disadari selain telat haid.

1. Mual dan Muntah

Mual dan muntah, atau morning sickness, adalah tanda kehamilan yang paling terkenal. Gejala ini biasanya muncul sekitar 4-6 minggu setelah pembuahan dan dapat berlangsung hingga trimester kedua. 

BACA JUGA:

Mual dan muntah disebabkan oleh peningkatan kadar hormon hCG dan estrogen dalam tubuh.

2. Nyeri Payudara

Perubahan hormon selama kehamilan juga dapat menyebabkan nyeri payudara. Payudara Anda mungkin terasa lebih penuh, berat, dan sensitif. Puting Anda juga mungkin menjadi lebih gelap dan menonjol.

3. Sering Buang Air Kecil

Peningkatan kadar hormon hCG selama kehamilan dapat menyebabkan Anda lebih sering buang air kecil, terutama pada malam hari. 

Hal ini terjadi karena hormon hCG meningkatkan aliran darah ke ginjal dan membuat kandung kemih Anda terasa lebih penuh.

4. Kelelahan Ekstrem

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: