Harus Jeli Sebelum Membeli, Begini Cara Mudah Cek Mobil Bekas Tabrakan

Harus Jeli Sebelum Membeli, Begini Cara Mudah Cek Mobil Bekas Tabrakan

Ilustrasi ketahui ciri mobil bekas tabrakan--Freepik

Ciri mobil bekas tabrak selanjutnya bisa dilihat dari posisi tulangan besi tempat dudukan karet. Pada mobil keluaran pabrikan, bagian ini memiliki tampilan yang presisi, lurus, dan tidak bergelombang. Untuk mengeceknya, tarik karet-karet yang ada di bagian bodi mobil, seperti bagasi dan pintu. 

8. Posisi sudut roda bergeser

Ciri mobil bekas tabrak berat bisa dilihat dari perubahan posisi sudut bannya, khususnya pada sudut caster, camber, dan toe. 

Sebagai sudut posisi roda dengan kaki-kakinya jika dilihat dari samping, sudut caster yang normal adalah 2–8 derajat dari kaki-kaki.

Sementara itu, sudut toe adalah sudut kedalaman roda jika dilihat dari atas mobil. Normalnya, sudut toe mobil Front Wheel Drive berada pada posisi ke dalam (toe-in) dengan sudut antara 0,08–0,25 derajat. Adapun sudut camber yaitu sudut kemiringan ban jika dilihat dari depan dan belakang mobil. Sudut camber normal adalah 0,5–1 derajat ke dalam (camber negatif).

9. Tidak stabil saat dikendarai

Selain melakukan pengecekan secara fisik, kamu bisa memastikan kondisi mobil bekas tabrak dengan melakukan uji berkendara (test drive). Jika mobil terasa tidak nyaman dan kurang stabil selama dikendarai, khususnya dalam kecepatan tinggi, mungkin saja mobil pernah mengalmai kecelakaan.  

Itulah ciri-ciri mobil bekas tabrak yang penting diketahui. Memastikan kondisi mobil bekas membutuhkan ketelitian dan kejelian tersendir. Bila perlu, tanyakan riwayat servis mobil untuk memastikan kondisinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: