Jangan Asal Beli, 6 Tips Ganti Velg Mobil Agar Aman dan Nyaman saat Digunakan

Jangan Asal Beli, 6 Tips Ganti Velg Mobil Agar Aman dan Nyaman saat Digunakan

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tidak semua pemilik mobil puas dengan tampilan velg bawaan pabrik. Meskipun tidak bisa memenuhi selera semua orang, desain roda dari segi ukuran velg dan ban tentu sudah disesuaikan dengan kemampuan mobil.

Namun, beberapa pemilik mobil ingin mengganti velg dan ban agar kendaraannya terlihat lebih gagah dan menawan. Sebelum melakukan penggantian velg dan ban, perlu dipahami beberapa hal penting sebelum melakukan penggantian tersebut, agar tidak mengganggu kenyamanan dan keselamatan selama berkendara.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu pakai untuk mengganti velg mobil:

1. Menentukan Keperluan

Sebelum kamu memilih ban mobil terbaik, pertimbangkan dengan cermat penggunaan mobil kamu sehari-hari yang meliputi berbagai situasi berkendara.

BACA JUGA:

Jika kamu menghabiskan sebagian besar waktu berkendara di perkotaan yang penuh hiruk-pikuk, mungkin lebih cocok untuk memilih velg dengan ukuran yang lebih kecil.

Tujuannya adalah agar dapat mengatasi lalu lintas yang padat dengan lebih baik dan bermanuver dengan optimal. Namun, jika kamu seringkali merambah ke perjalanan off-road yang menuntut, velg dengan ukuran yang lebih besar dan desain yang kokoh menjadi pilihan yang lebih tepat karena dapat memberikan kestabilan dan traksi yang diperlukan untuk menghadapi tantangan medan yang berat tersebut

2. Perhatikan dimensi velg

Berikutnya memperhatikan dimensi velg mobil yang akan dipasang. Umumnya, ukuran velg yang ditoleransi hanya 2 – 3 inci lebih besar. Misalnya velg bawaan berdimensi 15 inci, maka maksimal yang bisa digunakan adalah 18 inci.

Kalau terlalu besar, akan terasa tidak nyaman dan kurang aman. Konsumsi bahan bakar juga bisa meningkat.

3. Pastikan Kompatibilitas denga Sistem Rem

Velg yang dipilih harus kompatibel dengan system rem mobil kamu. Velg dengan desain yang tidak tepat bisa mengganggu system pendinginan rem, menyebabkan rem overheat dan mengurangi kinerjanya.

Pastikan juga velg memiliki rung yang cukup untuk caliper rem, terutama jika kamu menggunakan system rem yang besar.

4. Cek offset bawaan velg

Offset atau biasa disingkat ET merupakan dimensi jarak antara bagian tengah velg ke bagian terluar. Ukuran offset ini akan menentukan apakah velg akan terpasang dengan aman dan terlihat baik dari segi estetika.

Jika tidak pas dalam menentukan offset, maka velg akan terlihat terlalu menjorok ke dalam atau keluar ruang roda.

5. Sesuaikan dengan Kemampuan EPS Mobil

Perhatikan kemampuan EPS jika mobil kamu dilengkapi dengan sistem Electronic Power Steering (EPS) saat memilih velg yang baru. Sistem EPS menggunakan sensor dan motor listrik untuk membantu mengarahkan mobil

Jika memilih velg yang lebih besar atau lebih berat, ini dapat mempengaruhi beban dan kerja sistem EPS. Jadi, pastikan bahwa sistem EPS mobil kamu dapat menangani beban yang ditimbulkan oleh velg baru tersebut agar tetap berfungsi dengan baik.

Biasanya, velg diganti dengan tujuan mengubah tampilan mobil agar lebih menarik atau untuk meningkatkan performa berkendara.

6. Material dan Kualitas

Terakhir adalah memilih velg yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi, seperti alumunium atau alloy ringan. Material tersebut dapat memberikan kekuatan dan ketahanan yang diperlukan untuk menahan beban dan keausan yang terjadi selama penggunaan sehari-hari.

Selain itu, penting untuk memeriksa sertifikasi dan standar kualitas velg yang kamu pilih. Dengan memastikan bahwa velg yang kamu beli telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan SNI,agar lebih memiliki keyakinan tambahan terhadap keandalan dan kinerja velg tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: