Simak! Panduan Keselamatan Penumpang Pesawat Saat Turbulensi Udara

Simak! Panduan Keselamatan Penumpang Pesawat Saat Turbulensi Udara

Panduan Keselamatan Penumpang Saat Menghadapi Turbulensi Udara--Foto: getty image

Ada protokol yang harus diikuti ketika pesawat mengalami turbulensi, kata mantan pramugari SIA.

"Kami harus mengamankan diri, berbaring rendah, dan berpegangan pada kursi terdekat. Jika masker oksigen turun, kami juga harus mengambilnya dan memakainya terlebih dahulu, sebelum kami dapat membantu penumpang," tambahnya.

"Ini adalah pegangan kecil yang Anda lihat di sekitar kabin, di toilet, dan di dapur. Penumpang juga dapat menggunakannya, tetapi banyak orang tidak menyadarinya. Mereka pikir itu hanya lubang di dinding, karena terkadang terlihat seperti potongan," dia berkata.

"Ketika kami melihat penumpang berjalan-jalan di kabin selama penerbangan, kami juga menggunakan kesempatan untuk memperkenalkan mereka pada titik-titik pegangan kuat ini, sehingga mereka belajar," tambahnya.

BACA JUGA:

Staf juga menerima informasi sebelumnya melalui peralatan di pesawat, yang dapat mendeteksi hal-hal seperti kapan turbulensi akan menghantam, seberapa kuatnya, dan berapa lama akan berlangsung.

"Jadi pilot akan memberi tahu kru, dan ketika saatnya tiba, akan membuat pengumuman melalui sistem PA (public address) yang memberitahu penumpang untuk duduk," katanya.

Selama turbulensi, layanan kabin dihentikan tergantung pada seberapa parah situasinya.

Dalam situasi tersebut, kru hanya memiliki waktu lima hingga sepuluh menit untuk menyimpan semua barang di dapur, di mana semuanya biasanya dibuka dan ditata selama servis.

Pelatihan keselamatan adalah komponen dari program tiga setengah bulan untuk menjadi anggota awak kabin SIA, di mana peserta pelatihan mempelajari hal-hal seperti pertolongan pertama dan resusitasi kardiopulmoner (CPR).

BACA JUGA:

Awak kabin harus menghadiri penyegaran pelatihan keselamatan setiap tahun, di mana mereka akan diuji tentang respons mereka terhadap berbagai skenario - termasuk turbulensi.

Tips tambahan untuk penumpang:

Dengarkan instruksi keselamatan dengan cermat dan ikuti semua petunjuk dari awak kabin.

Tetaplah tenang dan jaga agar tetap positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: