Jelang Timnas Indonesia vs Irak Peluang Maarten Paes Main Makin Tipis, Begini Alasannya

Jelang Timnas Indonesia vs Irak Peluang Maarten Paes Main Makin Tipis, Begini Alasannya

Peluang Maarten Paes perkuat di timnas Indonesia lawan Irak semakin tipis-Foto: Screenshot Instagram/@maartenpaes-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada 30 April 2024 lalu, Maarten Paes sudah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun jelang pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, sampai saat ini masih belum ada kabar apakah kiper naturalisasi tersebut bisa perkuat skuad garuda atau tidak.

Menurut pengamat sepakbola, Ronny Pangemanan yang memprediksi bahwa peluang Maarten Paes untuk perkuat timnas Indonesia vs Irak masih sangat tipis.

Pasalnya Maarten Paes jika ingin memperkuat timnas Indonesia maka harus melalui Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

Ropan sapaan akrab dari pengamat sepakbola tersebut mengungkapkan bahwa proses Maarten Paes harus melewati CAS terlebih dahulu.

Tak hanya itu, aturan dari FIFA juga sangat menghambat proses naturalisasi Maarten Paes.

BACA JUGA:

“Masalahnya ada di CAS, menunggu. Kita berdebar-debar menunggu waktu yang ada. Kalau kita melihat waktu yang sangat mepet, rasa-rasanya ini tipis (peluang Paes tampil di laga Timnas Indonesia vs Irak) teman-teman,” ucap Bung Ropan dilansir dari akun youtube-nya @bungropan, 26 Mei 2024.

Aturan FIFA yaitu pemain boleh melakukan pergantian tim nasional berbeda jika berusia di bawah 21 tahun saat terakhir kali membela tim junior maupun senior di pertandigan resmi.

Saat ini kiper naturalisasi timnas Indonesia tersebut berusia 26 tahun, Maarten Paes sempat memperkuat timnas Belanda U21 di pertandingan Kualifikasi Piala Eropa U21 pada tahun 2021 lalu saat dirinya masih berusia 22 tahun.

Maarten Paes sampai saat ini belum ada dalam daftar 22 pemain yang dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk tiga laga di FIFA Matchday Juni 2024 mendatang.

Kiper FC Dallas itu terbentur Statuta FIFA Pasal ke-9 tentang Perpindahan Asosiasi huruf b ayat ketiga.

Arya Sinulingga selaku anggota Exco PSSI yang mengunkapkan bahwa status FIFA masih jadi penghalang untuk bergabungnya Maarten Paes ke skuad garuda.

"Ini perlu saya sampaikan informasi terbaru mengenai Marteen Paes. Jadi begini, Marteen Paes ini ada pertandingan ketika dia sudah berusia 22 tahun," ucap anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: