Ini Penyebab Erupsi Kawah Nirwana Suoh Lampung Barat, Ancaman dan Langkah Mitigasi

Ini Penyebab Erupsi Kawah Nirwana Suoh Lampung Barat, Ancaman dan Langkah Mitigasi

Erupsi Kawah Nirwana dan Keramikan di Suoh, Lampung Barat: Ancaman dan Langkah Mitigasi--Foto : tangkapan layar YouTube

Kepala TNBBS Bidang Wilayah II Liwa, San Andre Jatmiko, juga mengimbau masyarakat yang memiliki lahan di sekitar kawah untuk menjauh dan menghentikan aktivitasnya sampai situasi benar-benar aman.

BACA JUGA:

Sejarah Vulkanik Suoh

Gunung Suoh, atau Pematang Bata, merupakan gunung api tipe C yang aktif dengan sejarah erupsi freatik sejak 1933. Letusan besar di masa lalu menciptakan kawah dan danau yang masih mengeluarkan air panas hingga kini. 

Kawah Nirwana dan Keramikan adalah bagian dari fenomena vulkanik ini, yang berada di zona Sesar Besar Sumatera sebelah selatan.

Rekomendasi dan Informasi Lanjutan

PVMBG dan Badan Geologi mengeluarkan rekomendasi agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 500 meter dari Kawah Nirwana dan menghindari area berbahaya lainnya di sekitar G. Suoh. 

Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau situs web resmi PVMBG dan Badan Geologi. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah terpengaruh berita hoaks dan selalu mengikuti arahan dari pihak berwenang.

Dengan tindakan pencegahan yang tepat dan kesadaran masyarakat, diharapkan dampak dari erupsi ini dapat diminimalisir. Terus pantau informasi dari sumber resmi untuk keselamatan dan keamanan bersama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: