PBVSI Panggil 11 Pemain untuk Hadapi AVC Challenge Cup 2024, Fokus Regenerasi Tim

PBVSI Panggil 11 Pemain untuk Hadapi AVC Challenge Cup 2024, Fokus Regenerasi Tim

PBVSI Panggil 11 Pemain untuk Hadapi AVC Challenge Cup 2024-Dimas Rafi-DISWAY Grup

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Guna melakukan pembinaan pemain muda dan menjamin regenerasi di masa depan, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) memanfaatkan Asian Volleyball Confederation (AVC) Challenge Cup Wanita 2024.

Dari tanggal 22-29 Mei, tim bola voli nasional telah memilih untuk mengirimkan 11 pemain muda untuk mewakili mereka pada acara mendatang di Filipina.

Menurut Ketua Umum Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesi (PBVSI), Komjen (Pol) Imam Sudjarwo, tujuan utama diadakannya ajang ini adalah untuk memberikan pengalaman berharga kepada para pemain muda agar dapat membawa semangat bagi para pemain senior.

“Jadi yang pertama kami mengutamakan pembinaan. Kami ingin ada lapis kedua yang nanti bisa menggantikan seniornya,” ungkap Dito ketika ditemui di Kemenpora, Selasa 21 Mei 2024.

Pengumuman awal PBVSI terungkap, setelah tim yang terpilih mewakili Indonesia di ajang ini terdiri dari susunan pemain yang seluruhnya terdiri dari pemain timnas senior.

BACA JUGA:

Selama periode tersebut, total ada 14 orang yang terdaftar berdasarkan namanya. Yang masuk dalam roster ini adalah Megawati Hangestri Pertiwi, Wilda Siti Nurfadila, Shella Bernadeth Onnan, dan Agustin Wulandhari.

Daftar yang akhirnya dikirimkan hanya berisi 11 nama. Dari daftar tersebut, ada tiga nama yang terbawa dari daftar sebelumnya, sedangkan sembilan sisanya merupakan pemain muda menjanjikan.

Keterlambatan informasi dari AVC menjadi salah satu pemicu skuad senior batal diberangkatkan. Selain itu, kompetisi Proliga 2024 yang sedang berlangsung membuat klub-klub keberatan melepas pemain mereka.

Imam menjelaskan bahwa terlepas dari persoalan itu, pemain muda memang perlu diberikan panggung agar ke depan prestasi voli Indonesia bisa lebih baik.

“Ini dalam rangka usaha meningkatkan prestasi kita dengan mengganti yang senior maka kami cari yang baik dari potensi yang muda-muda ini. Itu adalah sebuah rangkaian pembinaan dari PBVSI,” ucap Dito.

Skuad binaan Pedro Lilipaly berangkat ke Filipina dalam dua tahap. Tahap pertama berangkat pada Senin, 20 Mei kemarin, sedangkan tahap kedua hari ini Selasa, 21 Mei.

Tim nasional voli Indonesia akan memulai perjuangan dari Grup B bersama Vietnam, Singapura, Kazakhstan, dan Hong Kong. Tahun lalu, Tim Merah-Putih adalah runner-up di ajang tersebut.

BACA JUGA:Catat Sejarah! Indonesia Sabet Medali Emas di Ajang Volleyball World Beach Pro Tour 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: