Dijamin Ampuh, Begini Strategi Menabung untuk Gaji UMR Jakarta 2024

Dijamin Ampuh, Begini Strategi Menabung untuk Gaji UMR Jakarta 2024

Strategi Menabung Ampuh untuk Gaji UMR Jakarta 2024--Foto: freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gaji UMR (Upah Minimum Regional) terkadang membuat kita kesulitan menabung, padahal menabung merupakan hal penting, terutama ketika dalam keadaan darurat.

Menabung nggak harus banyak kok! Karena menabung bukanlah tentang uang yang besar, tetapi lebih kepada kebiasaan dan konsistensi.

Lalu, bagaimana cara menabung gaji UMR yang efektif? Simak informasinya di bawah ini ya!

CARA MENABUNG GAJI UMR

Meski kondisi setiap orang berbeda-beda, bukan menjadi penghalang seseorang untuk tidak bisa menabung. Pasalnya, walaupun kondisi kamu sulit, usaha kecil yang kamu lakukan untuk menabung bisa memiliki dampak positif di masa depan.

BACA JUGA:

Berikut adalah cara menabung dengan gaji UMR yang bisa kamu terapkan.

MENERAPKAN METODE 60, 20, 20

Metode 60, 20, 20 merupakan metode menabung yang tepat untuk gaji UMR, di mana 60% untuk biaya sehari-hari, 20% untuk tabungan/investasi, dan 20% untuk keinginan.

Misalnya, gaji UMR kamu sebesar Rp5,06 juta di Jakarta, maka 60%-nya adalah Rp3.040.000 dan 20%-nya Rp1.013.000. Dalam sebulan, kamu hanya boleh mengeluarkan 60% untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makan, obat-obatan, skincare, ongkos, peralatan rumah tangga, atau bayar kosan.

Sementara itu, sebanyak 20% atau Rp1.013.000 digunakan untuk menabung, dan 20%-nya lagi untuk membeli keinginan, seperti jalan-jalan atau sekedar membeli barang yang kamu sukai.

BACA JUGA:

MEMBUAT ANGGARAN KEUANGAN

Cara mengatur gaji UMR juga bisa dilakukan dengan membuat anggaran keuangan. Ini sangat cocok buat kamu yang memang boros. Dengan membuat anggaran yang rasional, kamu akan tahu kemana uang itu harus dialokasikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: