Asik! Peserta Kartu Prakerja Gelombang 68 Bakal Terima Insentif Rp4,2 Juta, Segini Rinciannya

Asik! Peserta Kartu Prakerja Gelombang 68 Bakal Terima Insentif Rp4,2 Juta, Segini Rinciannya

Ilustrasi peserta program kartu prakerja melakukan pelatihan pendidikan--Prakerja

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Setiap pendaftar yang dinyatakan lolos pada tahapan penyeleksian dan menjadi peserta kartu prakerja dipastikan akan mendapatkan bantuan dengan total Rp 4,2 juta untuk masing-masing peserta.

Nantinya bantuan tersebut akan disalurkan ke akun DANA peserta, yang dimana DANA adalah salah satu mitra pencairan insentif program Kartu Prakerja.

BACA JUGA:

Selain DANA, ada dua bank dan empat dompet digital yang telah bekerja sama untuk penyaluran bantuan tunai program Kartu Prakerja 2024.

Tujuannya para calon pendaftar bisa memilih dengan bebas rekening tujuan atau e-Wallet yang hendak digunakan untuk pencairan dana.

Dan untuk dompet digital yang digunakan, pastikan peserta juga sudah mengaktifasi akun dompet digital tersebut untuk memudahkan proses pencairan dananya.

Terlebih untuk DANA, peserta wajib melakukan upgrade ke akun premium untuk bisa melakukan proses pencairan insentif.

Jika Anda dinyatakan lolos seleksi gelombang dengan Kartu Prakerja, Anda dapat menerima bantuan sebesar Rp4,2 juta per orang. 

Akan tetapi setiap peserta tidak akan menerima uang dengan nominal tersebut secara sekaligus, adapun rinciannya sebagai berikut:

  • Bantuan pelatihan, tidak dapat cair ke rekening atau ewallet termasuk DANA. Hanya untuk membeli pelatihan dengan nominal uang Rp 3.500.000.00
  • Bantuan insentif, bisa cair ke rekening atau ewallet seperti DANA. Ditransfer setelah selesai mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat dengan nominal uang Rp 600.000.00
  • Biaya survei dua kali. Akan cair ke rekening atau ewallet setelah menyelesaikan ulasan dengan nominal sebesar Rp 100.000.00

Maka, yang bisa menjadi saldo DANA nantinya Rp700.000 saja, bukan Rp4,2 juta. Namun Anda harus dinyatakan lolos terlebih dahulu.

Insentif hanya diberikan kepada pemegang Kartu Prakerja yang sah dan yang telah menyelesaikan pelatihan pertama, mengisi rating dan ulasan pelatihan pertama dan telah menyambungkan rekening bank atau dompet digital sesuai dengan mitra kerja yang sudah terdaftar melalui situs www.prakerja.go.id

BACA JUGA:

Diketahui program Kartu Prakerja adalah program beasiswa pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. 

Program ini ditujukan bukan hanya untuk pencari kerja, tapi juga mereka yang sudah bekerja maupun buruh yang ingin mendapatkan peningkatan skill atau kompetensi, juga pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: