Wow! Ini Sosok Amanda Nguyen, Wanita Asia Tenggara Pertama yang Akan Terbang ke Luar Angkasa

Wow! Ini Sosok Amanda Nguyen, Wanita Asia Tenggara Pertama yang Akan Terbang ke Luar Angkasa

Amanda Nguyen.-Foto: Instagram.com/@amandangocnguyen-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Amanda Nguyen merupakan warga Amerika yang berdarah Vietnam, Perempuan 32 tahun ini berhasil membuktikan bahwa pengalaman pahit yang pernah dialaminya bukan menjadi akhir dari segalanya.

Nama Amanda Nguyen sedang dibicarakan di kalangan penyintas kekerasan seksual. Ia dikenal karena keberaniannya bicara soal keadilan yang berhubungan dengan kekerasan pada perempuan.

Ia kini dihormati sebagai wanita Asia Tenggara pertama yang akan terbang ke luar angkasa. Melansir Orange County Register, organisasi nirlaba Space for Humanity akan menjadi sponsor perjalanan Amanda Nguyen untuk menjelajahi luar angkasa melalui program Citizen Astronaut Program. 

Nantinya, Amanda akan melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan kendaraan antariksa bernama Blue Origin New Shepard. "Perjalanan baru Amanda akan menjadi contoh cemerlang dan sangat ditunggu-tunggu bagi banyak orang lainnya," kata direktur eksekutif Space for Humanity, Antonio Peronace dalam sebuah pernyataan.

BACA JUGA:

"Sebagai organisasi yang berkomitmen untuk mendemokratisasi ruang angkasa dan membuatnya dapat diakses oleh seluruh warga dunia, kami bangga bahwa Amanda dan perjalanannya mewakili kekuatan, semangat, dan kecemerlangan yang ingin kami terus luncurkan ke tingkat yang lebih tinggi," lanjutnya.

Amanda memiliki mimpi menjadi seorang astronot. Namun, dia melupakan mimpi tersebut karena pernah menjadi korban pelecehan seksual pada 2013 saat masih menempuh studi keamanan nasional dan astrofisika di Universitas Harvard.

Dia, yang berusia 32 tahun, akan menjadi perempuan pertama dari keturunan Vietnam yang akan menjelajahi luar angkasa. Space for Humanity, sebuah organisasi nirlaba, akan mensponsori perjalanan Amanda Nguyen melalui program Citizen Astronaut Program. Peserta program ini dipilih secara cermat dan teliti.

Detail perjalanan beserta partner Amanda masih belum diumumkan ke publik. Namun, Amanda sudah mulai mempersiapkan diri dengan berlatih dan berkonsultasi dengan astronot perempuan lainnya.

Amanda sendiri diketahui memiliki mimpi menjadi seorang astronot, Bunda. Hanya saja, ia sempat melupakan mimpi tersebut karena menjadi korban pelecehan seksual pada tahun 2013.

BACA JUGA:

Nah, terkait dengan mimpinya yang terwujud ini, Amanda menyampaikan pesan untuk para gadis di luar sana. Ia berharap mereka tak ragu dan menyerah dalam mengejar mimpi.

"Lakukanlah. Kamu tidak perlu merasa cukup memenuhi syarat untuk benar-benar melakukannya. Cukup dengan dirimu sekarang, dan impianmu adalah hal yang sangat berarti. Meskipun tampaknya mustahil, lakukan saja," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: