Waspada Bahaya Mengintai, Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Waspada Bahaya Mengintai, Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah saat Mudik Lebaran

Tips aman meninggalkan rumah sebelum lakukan mudik lebaran 2024--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman sungguh sangat menyenangkan. Sudah banyak persiapan yang sudah dilakukan untuk memulai perjalanan mudik.

Tetapi jangan sampai lalai dalam persiapan meninggalkan rumah saat hendak melakukan perjalanan mudik. Karena tentu tidak ingin berwas-was di jalan saat meninggalkan rumah untuk ditinggal mudik.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dengan baik saat meninggalkan rumah untuk melakukan perjalanan mudik.

BACA JUGA:

Sangat tidak nyaman jika meninggalkan rumah dengan kondisi yang khawatir. Tidak hanya rumah tetapi juga khawatir terhadap barang-barang yang ditinggalkan.

Kita semua tahu untuk mudik pasti membutuhkan perjalanan yang jauh dan butuh waktu yang cukup lama.

Dan jika kondisi tersebut membuat pemudik tidak nyaman, berikut ini ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan untuk menghindari rasa tidak nyaman saat meninggalkan rumah saat mudik ke kampung halaman.

Kondisi Keamanan Rumah:

Saat meninggal rumah dalam jangka waktu yang lama dan harus pergi jauh, ini tips aman kondisi keamanan rumah:

1. Pastikan meninggalkan rumah dengan mencabut beberapa kabel elektronik untuk mencegah korsleting listrik.

2. Mencabut regulator gas, hal ini bertujuan untuk menghindari kebocoran gas yang bisa terjadi dalam kondisi rumah kosong.

3. Melapor ke RT atau ketua paguyuban, tujuannya supaya RT atau ketua paguyuban bisa membantu memantau kondisi rumah yang kosong ditinggal oleh pemilik untuk mudik. Tidak hanya itu, laporkan juga waktu keberangkatan dan perkiraan waktu pulangnya. 

4. Jika ada biaya lebih, bisa pasang kamera CCTV. Tujuannya untuk bisa mengontrol kondisi rumah dengan mudah walaupun dalam jarak yang cukup jauh.

5. Tutup sela-sela pintu, jendela, atau lubang lain, tujuannya untuk menghindari binatang-binatang kecil yang memungkinkan masuk ke dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: