Tarif Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Mulai dari Rp3,5 Juta

Tarif Sewa Mobil untuk Mudik Lebaran 2024, Mulai dari Rp3,5 Juta

--

BACA JUGA:Hasil Undian Fase Grup Euro 2024, Spanyol Jumpa Italia

Makna Tradisi Mudik

Ada beberapa alasan mengapa masyarakat Indonesia melakukan tradisi mudik dan ada makna tersendiri dari mudik. 

Pertama, mudik memiliki makna spiritual-kultural. Mudik adalah sebuah tradisi atau warisan dari para leluhur. Muudik merupakan bagian tradisi yang terkait dengan kebiasaan petani Jawa mengunjungi kampung kelahiran untuk berziarah ke makam para pendahulunya.

Ikatan kehidupan duniawi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan setelah di dunia. Oleh karena itu, orang-orang tetap menziarai kuburan-kuburan leluhur untuk mendoakan keselamatannya.

Dalam waktu tertentu, orang-orang akan menyempatkan untuk berkunjung ke makam walau terhalang oleh kondisi geografis maupun ekonomi. Hal ini yang kemudian melahirkan tradisi mudik.

Kedua, mudik memiliki makna psikologis. Mudik memberikan manfaat positif untuk mengisi kegersangan dalam jiwa manusia kota. Kerasnya kehidupan di kota dan beban kerja serta tekanan kehidupan dapat mendorong timbulnya stres.

Bertemu keluarga di desa, merasakan kenyamanan dan ketenangan, dan bernostalgia dengan pengalaman dapat mengobati stres bagi masyarakat urban.

Sementara poin yang ketiga yakni makna sosial. Mudik biasanya menjadi momentum bagi masyarakat migran untuk datang kembali ke desa dengan status yang berbeda.

Keberhasilan ataupun kegagalan di kota akan mempengaruhi status sosial keluarganya di desa. Cerita-cerita tersebut dapat memberikan pengaruh bagi tetangga atau kerabat untuk mengikuti jejaknya.

BACA JUGA:Mantan Ketua DPD PSI Jakarta Barat Terjerat Kasus Pelecehan Seksual: Terduga Pelaku Sudah Mengundurkan Diri

Tips Mudik Lebaran 

Berikut adalah beberapa tips mudik lebaran yang aman diantaranya sebagai berikut:

1. Persiapkan kendaraan dengan baik

Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam perjalanan mudik dalam kondisi baik dan terawat. Lakukan perawatan kendaraan sebelum melakukan perjalanan, seperti memeriksa rem, ban, oli, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: