Yuk Jangan Lewatkan, 8 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan yang Berlipat Ganda Pahala

Yuk Jangan Lewatkan, 8 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan yang Berlipat Ganda Pahala

Amalan sunnah di bulan Ramadan yang penting untuk dilakukan.-Foto: Unsplash.com-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Bulan Ramadan merupakan bulan yang penuh keberkahan di dalamnya, sehingga banyak dari umat muslim yang mengerjakan berbagai amalan untuk mendapatkan pahala.

Abu Hurairah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Ramadan yang tiba kepada kalian adalah bulan penuh berkah. Allah SWT mewajibkan puasanya dan di dalamnya pintu-pintu langit dibuka dan pintu-pintu neraka Jahim ditutup. Semua setan durhaka dibelenggu.

Di dalamnya, Allah menjadikan satu malam lebih baik dari seribu malam. Siapa yang menyia-nyiakan kebaikannya maka sesungguhnya dia akan menderita kerugian." (HR Ahmad, Nasa'i & Baihaqi)

Secara hakikat, Ramadan adalah kesempatan baik bagi umat Islam menggugurkan semua dosa-dosa. Karena Ramadan, penuh berkah dan ampunan Allah SWT.

Di bulan ini umat Islam diwajibkan berpuasa selama sebulan penuh.

BACA JUGA:

Barang siapa yang mengerjakannya didasari iman dan ihtisab (mengharap pahala dari Allah) maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu.

Di bulan ini, pahala amal ibadah juga dilipatgandakan.

Orang yang mengerjakan ibadah sunnah pahalanya diganjar pahala ibadah wajib. Sedangkan pahala ibadah wajib ganjarannya dilipatgandakan.

Berikut, ada beberapa amalan-amalan sunnah yang perlu kita lakukan untuk mengisi bulan yang paling istimewa bagi umat Islam yang dianjurkan Rasulullah.

Yuk, simak ulasannya pada artikel dibawah ini.

1. Membaca Al-Qur'an

Nabi SAW menuturkan, "Barang siapa membaca satu huruf dari Al-Qur'an, maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala. Aku tidak memaksudkan Alif, Lam, Mim satu huruf. melainkan Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf." (HR Darimi & Tirmidzi)

2. Bersahur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: