Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar Sekaligus Eksplorasi Pariwisata Ciayumajakuning

Pemprov Jabar Gelar Cycling de Jabar Sekaligus Eksplorasi Pariwisata Ciayumajakuning

--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Jawa Barat, disingkat Jabar adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian barat pulau Jawa, dengan ibu kota provinsi di Kota Bandung.

Jawa Barat berbatasan dengan provinsi Banten dan wilayah ibu kota Jakarta di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Provinsi Jawa Tengah di timur, dan Samudera Hindia di sebelah selatan.

Bersama dengan Provinsi Banten, Jawa Barat disebut sebagai Tatar Sunda atau Pasundan karena merupakan kampung asli masyarakat Sunda, suku terbesar kedua di Indonesia.

BACA JUGA:

Cycling de Jabar

Pemdaprov Jabar untuk ketiga kalinya akan menggelar event tahunan balap sepeda Cycling de Jabar. Ajang balap sepeda jarak jauh Cycling de Jabar dipastikan kembali hadir pada 25 Mei 2024.

Di penyelenggaraannya yang ketiga ini, untuk mempromosikan pesona Jawa Barat sembari terus mencari bibit pesepeda baru.

Dengan mengangkat tema Sumanget Jawara, Cycling de Jabar 2024 akan mengajak pesepeda melahap 213 kilometer, dari Cirebon hingga Pantai Barat Pangandaran di Jabar Selatan, yang diharapkan juga menstimulus peningkatan okupansi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, yang kini tengah diupayakan untuk dioptimalkan.

Selain menjadi semangat bagi para pesepeda, ‘Sumanget Jawara’ juga diharapkan akan membawa dampak positif dalam mempengaruhi perkembangan sektor ekonomi dan pariwisata ke depannya dengan melibatkan berbagai sektor.

Menurut Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin pada peluncuran dan konferensi pers Cycling de Jabar 2024 di Gedung Sate Kota Bandung, Kamis (14/3) mengatakan, Pemprov Jabar mendukung penuh kegiatan Cycling de Jabar 2024 dan diharapkan kegiatan ini, akan mendongkrak pariwisata dan perekonomian di kawasan timur Jabar.

Dan Pemprov juga meminta rute baru pada Cycling de Jabar 2024 ini, karena Jabar sangat luas dan punya semua jenis geografis dari gunung hingga pantai.

Ia menginginkan adanya eksplorasi lebih luas, termasuk melewati kawasan wisata yang ada di daerah-daerah yang dilewatinya.

Bey menambahkan bahwa panitia telah menyiapkan tempat istirahat khusus di rumah dinas Bupati Ciamis untuk para pebalap amatir, sementara para profesional akan melanjutkan perjalanan tanpa henti.

Infrastruktur jalan telah siap mendukung event, dengan 90% kondisi jalan yang mulus, dan sisanya akan segera diperbaiki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: