Yuk Kenali 5 Fakta Dibalik Golongan Darah O, Salah Satunya Dianggap Pendonor Universal

Yuk Kenali 5 Fakta Dibalik Golongan Darah O, Salah Satunya Dianggap Pendonor Universal

Ilustrasi golongan darah O--

Hampir semua lembaga penyimpanan darah dan rumah sakit di seluruh dunia cenderung lebih memprioritaskan persediaan golongan darah O (terutama golongan darah O rhesus negatif).

Hal ini dikarenakan golongan darah O dianggap memiliki risiko yang lebih rendah untuk menimbulkan reaksi transfusi, sehingga bisa menjadi pilihan utama untuk transfusi darah darurat kepada pasien yang membutuhkannya.

Meskipun demikian, hal ini tidak berarti bahwa individu dengan golongan darah lain tidak memiliki nilai. Setiap sumbangan darah, tanpa memandang golongan darahnya, memiliki dampak besar dalam menyelamatkan nyawa seseorang.

3. Wanita dengan golongan darah O dianggap lebih berisiko terkena masalah kesuburan

Masih terdapat perdebatan kontroversial mengenai anggapan ini. Beberapa studi menunjukkan bahwa wanita dengan golongan darah O secara rata-rata memiliki tingkat hormon FSH yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang memiliki golongan darah lain.

Tingginya kadar FSH ini dapat mengakibatkan jumlah sel telur cadangan dalam rahim menjadi lebih sedikit, meningkatkan risiko kesulitan hamil. 

Namun, terdapat juga penelitian lain yang menolak anggapan tersebut dan tidak menemukan hubungan antara risiko masalah kesuburan dengan golongan darah O atau golongan darah lainnya.

Jika Anda seorang wanita dengan golongan darah O, tidak perlu terlalu khawatir. Kondisi kesuburan tidak sepenuhnya ditentukan oleh golongan darah, karena ada banyak faktor lain yang turut berperan, seperti gaya hidup, usia, pola makan, faktor keturunan, efek samping obat-obatan, dan kondisi medis tertentu.

Untuk menjaga kesehatan dan kesuburan tubuh, tetaplah menjalani gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara teratur, menghindari rokok dan alkohol, serta mempraktikkan hubungan seks yang aman.

4. Efektivitas diet khusus golongan darah O

Diet golongan darah adalah suatu pola makan yang direkomendasikan berdasarkan golongan darah individu. 

Pola makan ini menyarankan orang yang memiliki golongan darah O untuk mengonsumsi makanan yang kaya protein dan rendah karbohidrat, seperti daging tanpa lemak, ikan, sayuran, buah-buahan, dan minyak zaitun.

BACA JUGA:Terlahir Menjadi Spesial, Berikut Ini Fakta Menarik Anak yang Lahir Tanggal 29 Februari

Meskipun banyak diikuti oleh beberapa orang, sampai saat ini, belum ada bukti yang menunjukkan bahwa diet golongan darah O lebih sehat atau lebih baik daripada jenis diet lainnya. 

Oleh karena itu, disarankan bagi semua orang, tidak peduli golongan darahnya, untuk mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi yang seimbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: