3 Pahala Kebaikan Bagi Orang yang Jujur dalam Islam

3 Pahala Kebaikan Bagi Orang yang Jujur dalam Islam

Berdoa/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kejujuran merupakan sebuah nilai luhur yang dijunjung tinggi dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam konteks agama.

Pasalnya, Islam sangat menjunjung tinggi dan memberikan ganjaran pahala bagi orang yang jujur.

Allah SWT memerintahkan hamba-Nya untuk mengikuti jalan kejujuran, dalam segala aspek kehidupan kita. Maka dari itu, jujur merupakan salah satu sikap yang wajib untuk dimiliki oleh semua orang.

Dalam ajaran Islam, kejujuran menjadi hal yang begitu penting. Bahkan, Nabi Muhammad SAW yang menjadi petunjuk bagi orang beriman dikenal sebagai orang yang shiddiq atau jujur serta amanah dalam menjalankan kehidupannya.

BACA JUGA:40 Contoh Ucapan Selamat Hari Raya Nyepi yang Penuh Makna Untuk Keluargan dan Teman

Kejujuran dalam Islam tidak hanya terbatas pada perkataan, tetapi juga mencakup perbuatan dan niat di dalam hati. Seorang Muslim diwajibkan untuk jujur dalam segala hal, baik dalam berinteraksi dengan sesama manusia maupun dalam menjalankan amanah yang dipercayakan kepada kita.

Pahala Bagi Orang yang Jujur

Jujur merupakan salah satu sifat yang paling dicintai dan disenangi Allah SWT dari seorang hamba. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX oleh Aris Abi Syaifullah dkk, perilaku jujur akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Dalam surat Al-Ahzab ayat 35 diungkapkan bahwa orang-orang muslim yang bersikap jujur akan diberikan pahala yang besar. Allah SWT berfirman:

اِنَّ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمٰتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنٰتِ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالْقٰنِتٰتِ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالصّٰدِقٰتِ وَالصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰبِرٰتِ وَالْخٰشِعِيْنَ وَالْخٰشِعٰتِ وَالْمُتَصَدِّقِيْنَ وَالْمُتَصَدِّقٰتِ وَالصَّاۤىِٕمِيْنَ وَالصّٰۤىِٕمٰتِ وَالْحٰفِظِيْنَ فُرُوْجَهُمْ وَالْحٰفِظٰتِ وَالذَّاكِرِيْنَ اللّٰهَ كَثِيْرًا وَّالذَّاكِرٰتِ اَعَدَّ اللّٰهُ لَهُمْ مَّغْفِرَةً وَّاَجْرًا عَظِيْمًا

Artinya: "Sungguh, laki-laki dan perempuan muslim, laki-laki dan perempuan mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyuk, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar." (QS. Al-Ahzab ayat 35).

Dalam ayat tersebut, Allah SWT akan memberikan pahala dan ampunan dosa bagi umat Islam yang benar. Allah SWT menjanjikan pahala yang besar bagi orang yang jujur dalam kehidupannya.

Selain mendatangkan pahala dan ampunan dosa, perbuatan jujur juga memiliki sejumlah keutamaan. Dilansir dari buku Hak-Hak yang Wajib Anda Ketahui dalam Islam oleh Syaikh Muhammad Hassan, berikut ini adalah keutamaan berperilaku jujur.

1. Mendapat Pertolongan dan Dikabulkannya Doa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: