Berita Duka! Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Meninggal Dunia

Berita Duka! Mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono Meninggal Dunia

Mantan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono atau Wing Chin dikabarkan meninggal dunia akibat komplikasi pada Selasa, 20 Februari 2024.--Disway.id

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berita duka cita, mantan Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono meninggal dunia akibat penyakit komplikasi pada Selasa, 20 Februari 2024.

Wing Chin sapaan akrab dari Budhi Sarwono ini dikabarkan sempat menjalani operasi di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta pada Senin 19 Februari 2024.

Dari keterangan yang diperoleh Budi Sarwono meninggal dunia akibat penyakit komplikasi sudah lama dideritanya.

BACA JUGA:Berita Duka! Ade Manuhutu, Penyanyi Pop Pelantun Lagu Nona Anna, Meninggal Dunia

BACA JUGA:Indonesia Berduka! Lisa Raema Rumbewas, Atlet Lifter Peraih 3 Medali Olimpiade Meninggal Dunia

Kabar meninggalnya Budhi Sarwono disampaikan oleh putri pertamanya, Lasmi Indaryani, yang juga merupakan Bendahara di DPP Partai Demokrat.

"Telah berpulang ayahanda/adik/kakak dan kakek kami tercinta, Almarhum Budhi Sarwono pada tanggal 20-2-2024," tulisnya dalam unggahan Instagram pribadinya,

Mantan terpidana kasus korupsi yang ditangani KPK ini merupakan Bupati Banjarnegara periode 2017-2022. Budhi sempat viral karena kecewa saat mengetahui gajinya sebagai Bupati tidak sesuai harapan saat dirinya menang dalam Pilkada serentak 2017.

Seperti diketahui, Selama menjabat sebagai Bupati Banjarnegara, Budhi dikenal dengan pernyataan kontroversial. Pada 3 September 2021, ia ditahan sementara oleh Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia terkait dugaan kasus korupsi proyek infrastruktur.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan mantan Bupati Banjarnegara periode 2017-2022 ini sebagai tersangka suap dan gratifikasi. 

Budhi Sarwono divonis hukuman delapan tahun penjara oleh hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri (PN) Semarang, pada 9 Juni 2022. 

Perjalan Karir Bhudi Sarwono

Sebelum terjun di politik, Budhi terkenal sebagai pengusaha. Budhi pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Bumirejo Banjarnegara, Jawa Tengah.

Dirinya sempat menjadi orang nomor satu dari berbagai organisasi seperti menjadi Ketua Umum Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: