Capacity Building BI dan 25 Jurnalis Temui 2 UMKM Sukses di Rejang Lebong

Capacity Building BI dan 25 Jurnalis Temui 2 UMKM Sukses di Rejang Lebong

Bank Indonesia Perwakilan Bengkulu bersama 25 Jurnalis Ekonomi menggelar capacity building di curup Rejang lebong dari 19-21 februari 2024 di bawah rombongan Deputi Kepala Perwakilan Dhita Aditya Nugraha Foto : Humas BI--

Kini usaha yang sangat memperhatikan kualitas mulai dari bahan baku sampai ke tahapan produksi telah memiliki 13 syarat alias baru setengahnya saja.

''Di sini jujur kami senang bisa didatangi para jurnalis untuk membantu kami, terutama dari segi pengurusan sertifikat mutu, untuk masuk ke Pasar internasional, ''jelas Supratman di depan awak media.

Ia mengaku berterima kasih kepada BI, karena sentuhan mereka,baik penyediaan pasar e-commerce, sampai ke pemanfaatan media sosial berhasil mendongkrak omzet naik 50 persen.

Kini pelanggan Supratman bukan saja datang dari cara pembelian konvensional, namun dunia digital dan website telah dirambahnya. 

Setelah mengunjungi UMKM Gula Semut Sari Aren, perjalanan meninjau langsung UMKM binaan BI dilanjutkan ke desa Suku 4 Menanti di Kecamatan Sindang Dataran Curup Rejang Lebong. 

"Di lokasi ini, kami menjumpai Supriadi dan para petani kopi  yang sukses memproduksi Lestari Kopi. Sama seperti Supratman, diapun sudah berorientasi ekspor".

Supriadi memproduksi kopi serta membuatnya dalam dua kemasan.Kemasan  pertama 100 gram dan kemasan kedua 250 gram.

Setiap hari ratusan pcs berhasil dijualnya baik melalui pemesanan  kawasan sekitar atau melalui media digital. 

Bahkan Supriadi agak kewalahan untuk memenuhi keinginan pembeli dari luar negeri yang tahap pertama sudah menginginkan memesan 25 ton kopi dari usahanya. 

Sebelum jadi eksportir, supriadi mengaku menjajakan secara keliling kopi bubuk buatannya dari desa-desa. Saat itu Supriadi sempat dicandai masyarakat desanya.

''Mas koq jualan kopi di tempat yang memang penghasil kopi, ''kenang Supriadi, seolah -olah untuk menguji kesabarannya. 

Sebelumnya, Senin 19 Februari 2024, 3 unit Toyota Hiace, mengangkut rombongan jurnalis berangkat dari Kantor BI di Jalan A. Yani Nomor 1 Kota Bengkulu senin 19 Februari 2024 pukul 08. 30 WIB. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: