OpenAI Perkenalkan Sora, Kecerdasan Buatan yang Bisa Buat Video Hanya dari Pesan Suara

OpenAI Perkenalkan Sora, Kecerdasan Buatan yang Bisa Buat Video Hanya dari Pesan Suara

OPenAI Sora perkenalkan kecerdasan buatan yang dapat merubah teks pesan suara menjadi video.-Foto: Instagram.com/@wired-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  OpenAI memperkenalkan Sora, model kecerdasan buatan yang dapat mengubah teks pesan suara menjadi video, hal ini memungkinkan pengguna membuat video fotorealistik berdurasi hingga satu menit berdasarkan perintah yang ditulis.

Sora mampu menciptakan “adegan kompleks dengan banyak karakter, jenis gerakan tertentu, dan detail subjek dan latar belakang yang akurat,” menurut postingan blog pengantar OpenAI.

Kehadiran Sora melengkapi koleksi aplikasi Generative AI dari OpenAI, setelah ChatGPT (text-to-text) dan Dall-E (text-to-image. Kehadiran Sora sekaligus memantik kembali kontroversi seputar etika Generative AI. 

Di satu sisi, Sora memudahkan pengguna membuat video singkat cuma dengan menggunakan teks. Dan berdasarkan contoh video yang dirilis, kualitas video yang dihasilkan Sora pun terbilang menakjubkan. 

BACA JUGA:

Namun di sisi lain, Sora juga berpotensi mendisrupsi tatanan profesi dan pekerjaan manusia. Pekerjaan seperti videografer tentu saja terancam akan kehadiran Sora. Kebutuhan akan video footage boleh dibilang tergantikan oleh Sora. 

"Perkenalkan Sora, model teks-ke-video kami. Sora dapat membuat video berdurasi hingga 60 detik yang menampilkan adegan yang sangat detail, gerakan kamera yang rumit, dan banyak karakter dengan emosi yang hidup," kicau OpenAI, perusahaan kecerdasan buatan pimpinan Sam Altman, di akun Twitter-nya.

Dalam unggahan tersebut, OpenAI menampilkan video suasana Tokyo, Jepang, di tengah musim salju dan diramaikan dengan bunga sakura. Tampilannya amat realistis bak rekaman menggunakan kamera drone dengan resolusi tinggi.

Terakhir, OpenAI mengatakan akan melibatkan para pembuat kebijakan, pendidik, dan seniman di seluruh dunia untuk memahami kekhawatiran mereka dan mengidentifikasi kasus-kasus positif penggunaan teknologi baru ini.  

Perusahaan percaya bahwa cara terbaik untuk mempelajari semua cara yang bermanfaat dan berbahaya dalam menggunakan Sora adalah dengan belajar dari penggunaan di dunia nyata adalah komponen penting dalam menciptakan dan merilis sistem AI yang makin aman dari waktu ke waktu.

API OpenAI juga memberikan dampak eksponensial pada industri AI, dengan memungkinkan perusahaan dan pengembang membuat alat AI generatif mereka sendiri. Kini, OpenAI mengambil langkah besar berikutnya dalam memajukan kemampuan AI dalam pembuatan video. 

BACA JUGA:

Ada model penghasil video lain di luar sana, namun tidak ada yang mampu menghasilkan video yang realistis dan kompleks seperti yang diduga dibuat oleh Sora.

Meta memiliki alat untuk membuat klip video pendek, dan Google sedang mengerjakan model text-to-video miliknya sendiri, namun masih dalam tahap penelitian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: