Bukan Lagi Jawa, Ini 10 Besar Provinsi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada 2023

Bukan Lagi Jawa, Ini 10 Besar Provinsi Penyumbang Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia pada 2023

10 Provinsi penyumbang pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2023 cek daftarnya Foto : CNBC Indonesia --

BACA JUGA:Capres Anies Akan Buat Kampung Haji, Dapat dipakai sebagai Fasilitas Haji dan Umrah sekaligus Pemberdayaan UMK

Dari peringkat setiap Provinsi yang memberikan andil terbesar dalam menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia ternyata tempat teratas diraih Provinsi Maluku Utara dengan petumbuhan ekonomi yang sangat besar mencapai 20,49 persen.

Provinsi Maluku Utara tergolong Provinsi Baru yang dimekarkan dari provinsi Induknya Maluku pada tanggal 4 Oktober 1999. Wilayah yang merupakan konsentrasi biji Nikel terbesar di Indonesia, ditengarai menjadi sumber utama pertumbuhan ekonomi Provinsi ini.

Telebih diketahui Biji Nikel dari Provinsi ini memilik kualitas yang baik dan sudah tentu harganya sangat mahal di pasaran dunia. 

Kemudian ditempat kedua diisi oleh Provinsi Sulawesi Tengah dengan pertumbuhan ekonomi mencapai besaran 11,9 1 persen, yang juga merupakan wilayah penghasil Nikel terbesar di Indonesia.

Jika melihat posisi pertama dan runner up pemberi sumbangan atau andil petumbuhan ekonomi yang paling besar dari provinsi yang ada di Indonesia bagi  Timur, jelas sudah mulai memperlihatkan andil dari wilayah sana mulai tampak.

Sebelumnya, Provinsi - Provinsi Pulau Jawa Seperti Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur  mendominasi pemberi andil atau sumbangan terbesar. Namun sekarang tren tersebut sudah mulai bergeser.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: