Lakukan 5 Hal Ini untuk Bangun Ikatan Emosional dalam Hubungan: Dijamin Bikin Doi Makin Cinta!

Lakukan 5 Hal Ini untuk Bangun Ikatan Emosional dalam Hubungan: Dijamin Bikin Doi Makin Cinta!

Membangun ikatan emosional dengan pasangan menjadikan hubungan lebih harmonis dan langgeng--Freepik

Salah satu cara membangun kedekatan emosional dengan pasangan adalah menjadi pendengar yang baik. Tidak hanya satu pihak, namun keduanya.

Sebab, tidak semua orang mau mendengarkan cerita orang lain termasuk juga pasangan. Dengan mendengarkan ceritanya, pasangan akan lebih merasa dihargai dan dianggap ada.

Namun untuk jadi pendengar yang baik, jangan menghakimi dan membandingkan kisahnya dengan kisahmu.

Dikutip dari Psychology Today, seorang Psikolog bernama Carl Rogers menyatakan mendengarkan secara mendalam adalah inti dari setiap hubungan yang sehat. Pendengar yang baik akan menahan diri untuk tidak menghakimi serta menyediakan ruang yang aman dan damai.

Dengan sikap ini, pihak yang didengarkan akan cenderung lebih terbuka dan tidak defensif.

2. Luangkan Waktu untuk Mengobrol

Komunikasi adalah kunci dari sebuah hubungan. Karenanya, setiap pasangan memiliki gaya dan cara berkomunikasi yang berbeda-beda.

Bagi mereka yang sudah menemukan caranya, komunikasi secara intens mampu mempererat kedekatan emosional dengan pasangan. Hal ini juga tidak disadari oleh kedua belah pihak

Meluangkan waktu untuk mengobrol hal receh, sederhana, hingga deep talk perihal kehidupan dan sebagainya itu perlu. Sebab, kita tidak pernah bisa membaca pikiran pasangan, tidak mengerti jelas apa yang diinginkan, dibutuhkan, dirasakan, dan tidak disukai pasangan.

Jika itu semua tidak dibicarakan, maka hanya akan ada kesalahpahaman di dalam hubungan.

Melalui banyaknya obrolan yang terjadi, rasa nyaman untuk berbagi, kejujuran, dan rasa percaya akan semakin tinggi. Pernah ada yang mengalami, hanya dengan bertatap muka tetapi saling mengerti apa yang dipikirkan hingga tertawa bersama? Di momen itulah kedekatan emosional telah terbentuk.

BACA JUGA:5 Wilayah di Indonesia Pemilik Gadis Cantik, Rekomendasi Bagi Pria Lajang yang Cari Pasangan

3. Ingat dan Pahami Hal Kecil tentang Pasangan

Hal-hal kecil seperti kesukaan, tanggal ulang tahun, tanggal anniversary merupakan hal yang seringkali dianggap sepele. Padahal, memori-memori yang dianggap sepele ini akan berdampak pada kedekatan emosional dengan pasangan.

Misalnya, momen ketika kamu 'menembak' atau menyatakan cinta dengan pasangan. Core memory ini tentunya dapat merekatkan hubungan asmara dengan pasangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: