Ramadhan 2024: Bayar Utang Puasa Tahun Lalu, Ini Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Qadha

Ramadhan 2024: Bayar Utang Puasa Tahun Lalu, Ini Bacaan Niat dan Tata Cara Puasa Qadha

Doa sahur dan buka puasa Ramadhan--Pexels.com/Thirdman

"Jika kita meng-qadha puasa Ramadhan pada hari Senin atau Kamis, bolehkah kita menggabungkan niat cukup satu niat saja, pada hari Senin atau Kamis, niat puasa qadha saja," ujar UAS.

BACA JUGA:

"Sengaja aku niat puasa Qadha karena Allah ta'ala, otomatis dapat tiga pahala yaitu Qadha dapat lunas 1 hari dan dapat puasa Senin atau Kamis," tutur Ustadz Abdul Somad.

Puasa Qadha Ramadhan dapat dipadukan dengan puasa Sunnah Senin atau Kamis dengan membaca niat khusus untuk puasa Qadha Ramadhan.

Menjalankan puasa Qadha Ramadhan pada hari Senin dan Kamis secara langsung juga memenuhi kewajiban menjalankan puasa Sunnah Senin Kamis.

Penting untuk menyelesaikan utang puasa sebelum bulan Ramadhan tiba, agar umat Muslim dapat memulai bulan suci dengan hati yang bersih. 

Puasa Qadha atau puasa ganti Ramadhan menjadi kewajiban bagi yang berutang, seperti mereka yang berhalangan karena sakit atau wanita yang mengalami menstruasi. 

Kewajiban ini berlaku bagi umat muslim yang sudah baligh. Meskipun berhalangan, mereka diharapkan melaksanakan puasa Qadha sebelum bulan Ramadhan berikutnya tiba. 

BACA JUGA:

Jadwal pelaksanaan puasa Qadha dimulai setelah tanggal 1 Syawal hingga sebelum Ramadhan berikutnya. 

Ustaz Abdul Somad menjelaskan niat puasa Ramadhan beserta bacaannya, memberikan pedoman bagi umat Muslim dalam melaksanakan ibadah puasa dengan penuh kesadaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: