Asyik! Pemerintah Lanjutkan 4 Bansos Cair 2024, Simak Jadwalnya

Asyik! Pemerintah Lanjutkan 4 Bansos Cair 2024, Simak Jadwalnya

Pemerintah lanjutkan penyaluran 4 Bantuan Sosial kepada KPM usai Pemilu 2024-Foto: Yoga-Radarpena-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pemerintah dikabarkan akan terus melanjutkan 4 program Bantuan Sosial (Bansos) yang akan cair di tahun 2024. Ada PKH hingga PIP Kemendikbud.

Seperti yang diketahui, ada berbagai jenis bansos yang rutin di salurkan oleh pemerintah setiap tahunnya yang akan diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah diharapakn bisa membantu dan meringankan masyarakat miskin dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari dan ekonomi.

Atas dasar hal itu, pemerintah sudah berkomitmen untuk program bantuan sosial yang sudah berjalan di tahun 2023 akan kembali dilanjutkan pada tahun 2024 ini.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan kategori kurang mampu khususnya masyarakat yang sudah terdaftar dalam Keluarga Penerima Manfaat

BACA JUGA:Korban Banjir Terima Bansos Kadaluarsa, Dinsos Kota Tangsel Klarifikasi Begini

Sedikitnya ada empat program Bansos yang aka dilanjutkan di tahun 2024 dan siap disalurkan kepada sejumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Sistem penyalurannya akan disesuaikan dengan jenis bansos yang akan disalurkan.

Perlu diketahui, warga yang terdata DTKS Kemensos ditandai dengan kepemilikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Dan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) merupakan data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

DTKS dijadikan data acuan dalam program penanganan fakir miskin dan penyelengaraan kesejahteraan sosial. Program bantuan sosial (Bansos ) sendiri dibagikan pemerintah sebagai usaha mengatasi angka kemiskinan.

Keempat jenis bantuan tersebut diantaranya ada Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), bantuan PIP Kemdikbud. Hingga bantuan pangan El Nino berupa Bansos beras 10 kg.

BACA JUGA:Cara Mudah Cek Penerima Bansos PKH Januari 2024

Berikut ini ada 4 program Bansos yang akan dilanjutkan pemerintah di tahun 2024:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: