Apa Itu Drone Emprit? Inilah Cara Pakai, Fungsi dan Konsep Kerjanya!

Apa Itu Drone Emprit? Inilah Cara Pakai, Fungsi dan Konsep Kerjanya!

Analisa Drone Emprit.-Foto: Instagram.com/@droneemprit-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Kementerian Komunikasi dan Informatika RI hingga saat ini masih akan terus berupaya untuk menuntaskan masalah penyebaran terkait berita-berita hoax dan isu-isu yang bersifat provokatif lainnya.

Salah satu bentuk upaya tersebut adalah dengan mendukung pemanfaatan sebuah sistem canggih bernama Drone Emprit. Drone Emprit adalah media monitoring berbasis kecerdasan buatan yang memiliki mesin serta kemampuan untuk menangkap percakapan maupun pemberitaan berdasarkan kata kunci. 

Dengan menggunakan keahlian Artificial Intelligence (AI) dan Natural Learning Process (NLP), Drone Emprit merupakan sebuah sistem untuk menganalisa dan memonitor media sosial yang berbasis teknologi big data.

Dikembangkan pada tahun 2009 di Amsterdam, Belanda oleh Ismail Fahmi, Ph.D melalui Media Kernels Netherlands, sistem ini mampu menyajikan peta analisis jejaring sosial mengenai bagaimana suatu topik menjadi obrolan hangat hingga menjadi trending topic, siapa yang pertama menyebarkannya, dan siapa saja grupnya.

BACA JUGA:

Berkat penggunaan AI dan NLP teknologi ini, Drone Emprit mampu menyajikan peta analisis jejaring media sosial mengenai bagaimana suatu topik menjadi perbincangan terhangat hingga menjadi viral. 

Fahmi sendiri juga mengaku bahwa alat ciptaannya ini juga bisa melakukan pelacakan siapa atau akun apa yang pertama kali menyebarkan suatu berita.

 

Bagaimana Cara Menggunakan Drone Emprit?

Untuk masyarakat umum, Anda bisa menggunakan situs ini melalui laman academic.droneemprit.id. Situs ini bisa diakses secara gratis, namun ketersediaan data dan informasi hanya terbatas dari Twitter yang sangat mudah dicari. Namun Fahmi Ismail menekankan, semua pengguna bebas menggunakan atau mengambil data dari situs ini. Tapi mereka juga harus aktif berkontribusi dan menulis artikel ilmiah dengan data yang sudah di dapat.

 

Apa Fungsi Drone Emprit?

Sejauh ini, Drone Emprit memiliki fungsi yang sangat besar dengan tujuan penggunaan yang beragam. Selain untuk keperluan menganalisis trending topic harian yang biasa menjadi obrolan hangat warganet selama beberapa waktu, pada tahun 2018 Media Kernels Indonesia meluncurkan Drone Emprit Academic (DEA) di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. Peluncuran tersebut merupakan program untuk memperkuat gagasan berbasis big data dalam rangka memasuki tahun politik Pemilu Presiden 2019. Kondisi saat itu, di mana hanya terdapat dua pasang kontestan, dinilai rawan dengan isu politik identitas dan penyebaran hoax. Dengan memanfaatkan DEA, maka sangat memungkinkan untuk melakukan pemetaan media sosial berdasarkan beberapa hal, seperti analisis sentimen, analisis emosi, analisis demografi, hingga deteksi bot.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: