Kabupaten Sumedang Luluh Lantak, 1004 Rumah Rusak Diguncang Gempa

Kabupaten Sumedang Luluh Lantak, 1004 Rumah Rusak Diguncang Gempa

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Gempa yang mengguncang Kabupaten Sumedang Minggu 31 Desember, 2023 malam  dengan kekuatan 4,8 Magnitudo pukul 20.35 WIB rupanya masih terus berlanjut. 

Berdasarkan  laporan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geologi (BMKG) setempat Gempa tercatat, 2,7 Magnitudo terjadi  Selasa 2 Januari pukul 14.35 WIB. Pusat gempa berada di darat, 8 KM dari arah Tenggara Sumedang Jawa Barat yang memicu getarannya  bisa dirasakan. 

Sementara sebelumnya pada Senin (1/1) malam pukul 20.46 WIB Gempa juga terjadi dengan kekuatan 4,4 Magnitudo.

Walau tidak terlalu lama, namun gempa itu sempat memicu kepanikan masyarakat  

Walau getaran gempa tidak sebesar, gempa yang pertama, namun peristiwa tersebut masih menimbulkan kepanikan dan ketakutan warga setempat. Mereka yang masih dalam perawatan di Rumah sakit sempat berhamburan untuk  menyelamatkan diri. 

Warga tetap bertahan di tenda-tenda pengungsian, belum ada yang berani pulang ke rumahnya, mengingat gempa-gempa susulan masih saja terjadi.

Hanya saja dari Pantauan RadarPena memasuki Kamis (4/1), pagi ini, ketakukan dan kepanikan warga mulai mereda. Satu per satu warga sudah ada yang berani meninggalkan tenda-tenda pengungsian untuk  mengecek kondisi rumah mereka masing-masing. 

Gempa terkini, yang terjadi senin hingga selasa 1-2  Januari itu, berdasarkan pengamatan  petugas BMKG setempat, pusat gempa berada di kedalaman 10 KM.  Getaran gempa dirasakan skal II MMI di Sumedang.

Beberapa orang masih merasakan getaran gempa, dan benda-benda ringan yang digantung jadi bergoyang. 

BACA JUGA:Sumedang Diguncang Gempa 3 Kali, 331 Pasien RSUD Dievakuasi

Tidak lama setelah gempa pertama terjadi, Pemerintah Kabupaten Sumedang yang dibawah perintah langsung Pj. Bupati Sumedang Herman Suryatman segera menetapkan, Sumedang Tanggap Darurat.

Tenda-tenda darurat serta dapur umum untuk  untuk  menampung pengungsi dan mencukup kebutuhan pengungsi langsung didirikan. Pos pelayanan kesehatan dan perawatan luka bersama PMI setempat dan rumah Sakit segera disiagakan.

''Dari data sementara sekitar 1.004 rumah mengalami kerusakan akibat gempa ini, ''kata Herman Suryatman kepada awak media beberapa waktu lalu. 

BACA JUGA:Gedung RSUD Sumedang Selatan Rusak Akibat Gempa Bumi, Pasien Dievakuasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: