Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman serta Memuluskan Kulit , Yuk di Coba!

Manfaat Air Cucian Beras Untuk Tanaman serta Memuluskan Kulit , Yuk di Coba!

JAKARTA,RADARPENA,CO.ID - Merawat tanaman termasuk tanaman hias  tidak cukup dengan hanya diberi pupuk serta penyinaran langsung matahari.  Seperti mahluk hidup lainnya tanaman memerlukan penyiraman menggunakan iar  rutin agar tumbuh segar

Ddalam menyiram tanaman ada teknik tradisional yang jarang orang ketahui, untuk  menyiram tanaman supaya lebih baik tumbuhnya. Caranya yakni dengan menggunakan air cucian beras

Bahkan dibeberapa negara Asia seperti china, wanita-wanita disana menggunakan air cucian beras untuk memuluskan kulit. Air cucian beras tersebut dipergunakan untuk  mandi.

Kulit adalah bagian yang cukup sensitif dalam tubuh, sehingga saat mandi dengan air cucian beras yang mengandung zat berguna bisa membuat kulit menjadi lebih cerah 

Alasan remaja putri maupun ibu rumah tangga memanfaatkan air cucian beras untuk  menyiram tanaman-tanaman atau dipergunakan mandi bagi sebagian wanita di China  lantaran di dalam air tersebut terkandung vitamin-vitamin yang berguna sebagai asupan untuk  tumbuh kembang.

Pengetahuan lokal sisa air cucian beras bermanfaat untuk  mandi serta memuluskan kulit dan untuk  perkembangan kesuburan tamana di imiliki oleh ibu rumah tangga dan remaja putri secara turun temurun dan beredar dari mulut ke mulut.

Walau belum ada penelitian khusus kandungan apa saja yang terdapat dalam air bekas mencuci beras, namun jika diamati, sangat wajar.

BACA JUGA:156 Pengungsi Rohingya Terdampar di Deli Serdang, Kapal Pengangkut Diduga Sengaja Dirusak

BACA JUGA:25 Resolusi di Tahun 2024 yang Membuat Diri Menjadi Semangat dan Lebih Baik Lagi!

BACA JUGA:Oleskan Lidah Buaya dan Rumput Laut Ampuh Atasi Ambeien, Ini Kata dr Zaidul Akbar

 

Karena, saat butir-butir beras dicuci, maka bagian-bagian kulit ari atau zat-zat yang terdapat dalam butiran beras seperti protein, vitamin, mineral sebagian ikut larut ke dalam air. 

Zat-zat itulaurut larut ke dalam air cucian beras, sehingga bisa dimanfaatkan untuk disiramkan ke tanam-tanaman dan dipergunakan sebagai terapi mandi guna menghasilkan kulit mulus 

Masyarakat Indonesia atau masyarakat di belahan negara lain yang mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok , pada umumnya sebelum beras itu ditanak, terlebih dahulu dicuci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: