Kaleidoskop 2023 Panggung Politik: Debat Capres dan Cawapres Perdana Pilpres 2024

Kaleidoskop 2023 Panggung Politik: Debat Capres dan Cawapres Perdana Pilpres 2024

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Pada tahun 2023, panggung politik Indonesia diwarnai oleh perhelatan debat dalam persaingan ketat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) menjelang Pemilihan Presiden / Pilpres 2024

Momentum puncak terjadi pada debat capres sesi perdana pada 12 Desember 2023, diikuti oleh debat cawapres perdana pada 22 Desember 2023.

Debat Pilpres 2024 menjadi sorotan dengan total lima sesi, dua di antaranya diselenggarakan pada tahun 2023 dan tiga sisanya di tahun 2024. 

Kedua calon unggulan saling berhadapan dalam debat yang terjadwal dengan rinci: debat pertama untuk calon presiden, debat kedua untuk calon wakil presiden, debat ketiga untuk calon presiden, debat keempat untuk calon wakil presiden, dan debat kelima untuk calon presiden.

Dengan jutaan mata yang memperhatikan, setiap kata dan argumen memainkan peran krusial dalam membentuk pandangan publik terhadap pemimpin masa depan. 

Hasil debat-debat ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas kepada pemilih tentang visi, gagasan, dan kemampuan kepemimpinan calon presiden dan wakil presiden.

BACA JUGA:

Pada Selasa, 12 Desember 2023, pukul 19.00 WIB, Kantor KPU menjadi saksi jalannya debat perdana calon presiden (capres) 2024. 

Debat berlangsung selama 120 menit dengan fokus pada tema Pemerintahan, Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga.

Debat dibagi menjadi enam segmen. Segmen pertama melibatkan penyampaian visi misi program kerja selama 4 menit oleh masing-masing capres. 

Segmen kedua dan ketiga menampilkan pendalaman visi misi dengan pertanyaan dari penelis, dijawab dalam waktu 2 menit, dan tanggapan selama 1 menit.

Selanjutnya, segmen keempat dan kelima memunculkan tanya jawab antar kandidat. Dalam durasi 2 menit, setiap capres menjawab pertanyaan dan memberikan tanggapan selama 1 menit. Terakhir, segmen keenam adalah closing statement selama 2 menit.

Debat menjadi panggung vital bagi capres untuk merinci pandangan mereka tentang isu-isu krusial yang dihadapi negara, memperkuat komitmen, dan merayu pemilih dengan visi pemerintahan masing-masing.

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: