8 Rekomendasi Minuman Sehat untuk Ginjal, yang Terakhir Banyak yang Belum Tahu Lho!

8 Rekomendasi Minuman Sehat untuk Ginjal, yang Terakhir Banyak yang Belum Tahu Lho!

Anda tidak salah. Wine atau minuman anggur bisa menyehatkan ginjal dengan catatan, dikonsumsi tidak berlebihan. Berdasarkan riset dari National Kidney Foundation, meminum kurang dari segelas wine sehari bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis hingga 37 persen ketimbang yang tidak minum wine.

8.  Kopi

Kopi tak hanya sehat buat jantung, tapi juga ginjal. Mengutip dari Eat This Not That, riset yang diterbitkan di jurnal Kidney International Reports pada tahun 2022 menemukan, kopi juga bisa menjadi minuman untuk ginjal yang sehat. Mereka yang mengonsumsi kopi dalam jumlah berapa pun punya risiko cedera ginjal akut lebih rendah 11 persen.

Selalu ingat bahwa minuman di atas hanya membantu dalam menjaga kesehatan ginjal dan mencegah beberapa masalah ginjal. Jika Anda memiliki masalah ginjal serius, seperti penyakit ginjal kronis, penting untuk berkonsultasi dengan dokter dan mengikuti pengobatan yang sesuai.

BACA JUGA:

Dalam menjaga kesehatan ginjal, selain memperhatikan pola makan dan minum yang sehat, hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, garam, dan kafein. Rajin berolahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal.

Jadi, untuk menjaga kesehatan ginjal Anda, tidak ada salahnya memanfaatkan minuman-minuman di atas sebagai bagian dari gaya hidup sehat Anda.

Tetaplah hidrasi dengan baik dan perhatikan apa yang Anda minum. Ginjal yang sehat merupakan aset berharga bagi tubuh Anda, jaga dan rawatlah dengan baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: