CSIS Rilis Hasil Survei Elektabilitas Pilpres 2024 Pasca Debat Capres Perdana, Ini Yang Pegang Puncak!

CSIS Rilis Hasil Survei Elektabilitas Pilpres 2024 Pasca Debat Capres Perdana, Ini Yang Pegang Puncak!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Centre for Strategic and International Studies (CSIS) baru-baru ini merilis hasil survei elektabilitas untuk Pilpres 2024 setelah debat capres perdana

Survei CSIS ini dilaksanakan pada 13 hingga 18 Desember 2023 dan melibatkan 1.300 responden dari 34 provinsi di Indonesia. 

Metode survei yang digunakan adalah multistage random sampling, dengan margin of error sebesar plus minus 2,7 persen dan tingkat kepercayaan 95%.

Penting untuk dicatat bahwa survei ini fokus pada penduduk Indonesia yang berusia 17 tahun atau yang sudah menikah pada saat survei dilakukan. 

Proses pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka menggunakan kuesioner.

BACA JUGA:

 

Hasil Survei CSIS

Dalam survei CSIS capres cawapres, para responden diberi pertanyaan, "Bila saat ini Ibu/Bapak sedang berada di bilik suara (TPS), siapakah yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029?"

Menurut hasil survei CSIS, pasangan Prabowo-Gibran unggul dengan elektabilitas 43,7%, mengungguli Anies-Muhaimin (26,1%) dan Ganjar-Mahfud (19,4%). 

Namun, sebanyak 6,4% responden belum memutuskan, dan 4,5% tidak tahu/tidak jawab.

Arya Fernandes, Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, menekankan bahwa hasil survei ini merefleksikan momen pasca-debat pertama. 

Elektabilitas dapat berubah mengikuti dinamika politik, dengan tiga putaran debat dan aktivitas kampanye yang dapat memengaruhi opini publik.

Perlu diingat bahwa survei ini dilakukan sehari setelah debat, sehingga hasilnya dapat dipengaruhi oleh respons langsung terhadap performa calon presiden. 

BACA JUGA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: