26 Desember 2023: Mengenang Tsunami Aceh yang Terjadi 19 Tahun Silam

26 Desember 2023: Mengenang Tsunami Aceh yang Terjadi 19 Tahun Silam

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Tsunami besar yang melanda kota Aceh pada 26 Desember 2004 lalu menyebabkan kerusakan, serta menelan sekitar 230.000 korban jiwa.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat tsunami Aceh merupakan tsunami terbesar di Indonesia. 

Maka setiap tanggal 26 Desember, masyarakat akan mengenang peristiwa tersebut. Misalnya pada tahun ini di mana seluruh warga Kota Banda Aceh menghentikan aktivitasnya selama 1 menit mulai pukul 07.59-08.00 WIB untuk bertafakur mengenang tsunami Aceh 2004

Gempa dan gelombang Tsunami Aceh yang terjadi pada 26 Desember 2004 lalu, meninggalkan luka yang mendalam bagi rakyat Aceh.

BACA JUGA:

Kejadian pada hari Minggu pagi itu membuat para korbannya masih mengingat jelas bagaimana gelombang tsunami Aceh meluluhlantakkan rumah hingga ratusan ribu korban jiwa yang meninggal dunia.

Seperti yang diketahui, pada 26 Desember 2004 pernah terjadi gempa bumi dengan kekuatan antara 9,1 hingga 9,3 Skala Richter.

Tak lama setelah gempa tersebut, gelombang raksasa setinggi 30 meter melanda sejumlah wilayah pesisir di Indonesia.

Aceh merupakan daerah yang paling berdampak atas kejadian tersebut. Lebih dari 230 ribu orang yang dinyatakan meninggal atau hilang.

Selain menimbulkan penderitaan terhadap warga, peristiwa ini juga menyebabkan kerugian yang besar dalam sektor ekonomi, sosial-budaya, dan lingkungan. 

Peristiwa tsunami tersebut tercatat sebagai salah satu bencana dahsyat di abad 21.2 Sebagai upaya untuk mengenang peristiwa tersebut, maka pemerintah Aceh setiap tahunnya untuk memperingati tanggal 26 Desember sebagai Hari Peringatan Tsunami Aceh.

Saking dahsyatnya tsunami Aceh 2004, sebuah perahu nelayan berukuran 18 meter terbawa gelombang dan menimpa rumah warga di Desa Gampong Lampulo, Kecamatan Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

BACA JUGA:

Kapal yang dikenal sebagai Kapal Lampulo itu masih ada sampai saat ini dalam kondisi awal dan menjadi sebuah monumen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: