Cara Atasi Sesak Nafas Secara Alami dan Efektif, Kenali Juga Penyebabnya

Cara Atasi Sesak Nafas Secara Alami dan Efektif, Kenali Juga Penyebabnya

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sama seperti suatu penyakit, sesak nafas merupakan salah satu gejala dari beberapa gangguan kesehatan yang mungkin kamu alami, seperti pilek atau obesitas. Selain itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan sesak nafas.

Sesak nafas bisa terjadi secara tiba-tiba dan singkat. Tapi dalam beberapa kasus lain, sesak nafas juga bisa berlangsung lama hingga hitungan minggu.

Sesak nafas sendiri merupakan kondisi ketika kamu kesulitan dalam bernapas atau tidak cukup mendapat asupan udara.

Tentunya ini membuat seseorang yang mengalaminya merasa tidak nyaman, bahkan hal ini dapat menimbulkan masalah lainnya sesuai penyebabnya.

BACA JUGA:

Cara mengatasi sesak nafas bisa kamu lakukan dengan melakukan beberapa langkah sederhana. Hal ini pastinya dapat meredakan sesak nafas kamu selama kondisinya masih ringan. Namun, jika dalam keadaan darurat, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Penyebab sesak nafas bisa terjadi karena adanya masalah pada organ pernapasan ataupun masalah-masalah lainnya. Berikut beberapa Penyebab sesak nafas yang perlu dipahami:

  1. Asma
  2. Pilek
  3. Alergi
  4. Anemia
  5. Gagal Jantung
  6. GERD
  7. Obesitas
  8. Emboli Paru
  9. PPOK
  10. Pneumonia
  11. Bronkiolitis
  12. Gagal Ginjal
  13. Tersedak
  14. Hipotensi
  15. Hernia Hiatal

Ada beberapa cara untuk mengatasi sesak napas yang dapat dilakukan sebagai langkah penanganan awal terhadap kondisi ini. Berikut, merupakan cara untuk mengatasi sesak nafas secara alami dan efektif. 

Cara Atasi Sesak Nafas Secara Alami

Mengatur Posisi Duduk

Cara mengatasi sesak nafas selanjutnya adalah beristirahat sambil duduk. Hal ini dapat membantu merilekskan tubuh dan membuat pernafasan lebih mudah.

  • Cobalah untuk duduk di kursi dengan kaki rata, condongkan dada sedikit ke depan.
  • Letakkan siku di atas lutut dengan lembut atau pegang dagu dengan tangan.
  • Pastikan untuk menjaga otot leher dan bahu tetap rileks.

Jika kamu memiliki meja, kamu bisa memanfaatkannya untuk mengatur posisi duduk condong ke depan yang lebih nyaman. Ini bisa membantu mengatur nafas agar lebih rileks. Duduklah di kursi menghadap ke meja. Condongkan dada sedikit ke depan dan letakkan tangan di atas meja. Letakkan kepala di lengan bawah atau di atas bantal.

 

Mengonsumsi Jahe

Kamu juga bisa mencoba cara alami untuk membantu mengatasi dada sesak, seperti mengonsumsi jahe segar. Misalnya, dengan membuat membuat jahe sebagai minuman hangat. Minum jahe yang dicampur air hangat dapat membantu mengatasi sesak napas akibat infeksi saluran pernapasan. Sebuah studi dalam Journal of Ethnopharmacology menunjukkan, jahe efektif dalam memerangi virus yang menjadi penyebab umum infeksi saluran pernapasan. Tak hanya dewasa, anak-anak juga dapat mengonsumsi minuman jahe.

 

Pursed-lip Breathing

Pursed lip breathing merupakan teknik pernapasan sederhana yang bisa kamu lakukan di mana pun. Caranya adalah dengan menarik napas melalui hidung selama dua detik. Usahakan agar mulut dalam keadaan tertutup. Selanjutnya, hembuskan napas secara perlahan melalui mulut selama dua detik juga. Ketika melakukan teknik ini, pastikan leher dan bahu dalam keadaan rileks.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: