Tinggalkan Rumah Kosong saat Liburan, Gunakan Cara Ini Untuk Pantau Keamanan Rumah

Tinggalkan Rumah Kosong saat Liburan, Gunakan Cara Ini Untuk Pantau Keamanan Rumah

Cara memantau keamanan rumah saat liburan - liburan adalah waktu yang paling menyenangkan untuk bersantai dan meningkatkan keharmonisan bersama keluarga dan teman-teman.

Namun, saat pergi meninggalkan rumah, tak jarang sebagian orang merasa tidak aman apabila harus meninggalkan rumah mereka apalagi dalam jangka waktu yang panjang.

Penting untuk selalu menjaga keamanan rumah baik saat akan ditinggal jauh maupun tidak.

Karena pada zaman sekarang, orang orang semakin berani untuk melakukan pencurian, dan tanpa adanya pengamanan tambahan hal ini dapat memperbesar kesempatan untuk rumah anda dibobol.

Banyaknya kasus pembobolan rumah saat ditinggal untuk berlibur dalam waktu yang lama membuat anda harus menjaga keamanan rumah lebih ekstra agar terhindar dari risiko pencurian atau kejadian yang tidak diinginkan, anda juga dapat berpergian menikmati liburan dengan lebih tenang.

BACA JUGA:

Untuk menjaga keamanan rumah anda lebih terjamin, berikut adalah beberapa cara untuk memantau keamanan rumah saat liburan:

  1. Memasang Sistem Keamanan: Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang sistem keamanan di rumah anda seperti CCTV, pintu dengan alarm atau sejenisnya. Dengan begitu anda dapat tetap mengawasi rumah anda dari jarak jauh dimanapun anda berada saat sedang liburan ataupun di luar rumah.
  2. Gunakan Timer Lampu: Mengganti bohlam lampu biasa di rumah anda dengan bohlam lampu yang memiliki timer dapat membantu anda untuk mengelabui orang orang yang mencurigakan yang sekiranya berniat membobol rumah anda. Dengan memasang timer pada lampu anda, maka rumah anda secara otomatis akan menyalakan atau mematikan lampu sesuai waktunya, ini membuat ilusi tersendiri seakan menandakan bahwa ada orang yang menghuni rumah anda meskipun sebenarnya sedang kosong.
  3. Mintalah Bantuan Tetangga: Apabila anda cukup dekat dengan lingkungan di sekitar rumah anda, anda dapat meminta bantuan pada tetangga anda yang sekiranya dapat anda percaya untuk menjaga rumah anda dan secara berkala memeriksa rumah anda apakah ada yang mencurigakan atau tidak.
  4. Jaga Privasi: Terkadang tidak memberitahu kemana anda pergi bisa mengurangi resiko rumah anda terbobol maling. Anda harus bijak pada siapa saja anda memberikan informasi mengenai kepergian anda untuk berlibur, mulai dari tanggal berangkat, berapa lama akan ditinggal, sampai kemana destinasi liburan anda. Ada baiknya anda tidak memposting apapun selama masa liburan anda agar terhindar dari orang orang jahat yang mencari tahu informasi anda melalui media sosial anda.
  5. Periksa Pintu dan Jendela: Sebelum berangkat berlibur, pastikan kunci jendela dan pintu anda dalam kondisi baik dan dapat digunakan dengan benar. Disarankan juga untuk menggunakan kunci ganda pada jendela dan pintu untuk keamanan ekstra.
  6. Matikan Air dan Listrik yang Tidak Diperlukan: Selain resiko dirampok, ada resiko lain yang harus anda perhatikan pada rumah anda sebelum anda pergi berlibur. Mematikan semua alat Listrik dengan benar, mencabut semua colokan atau stopkontak dari sekering Listrik, mematikan kran air dan memutus aliran Listrik utama di rumah bisa anda lakukan guna mencegah terjadinya hal buruk seperti kebocoran atau kebakaran akibat konsleting Listrik

Itulah beberapa langkah yang harus anda lakukan sebelum berangkat berlibur dengan keluarga. Perlu diperhatikan bahwa resiko resiko buruk saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong mungkin saja terjadi, namun dengan adanya pencegahan di awal dengan mengikuti beberapa langkah saran di atas, anda mampu menguragi presentasi resiko resiko buruk itu terjadi cukup hingga ke paling rendah.

Pastikan untuk melakukan pengecekan ulang terhadap barang apa saja yang akan ditinggal maupun dibawa sebelum pergi berlibur, dengan begitu, anda dapat menikmati liburan anda bersama orang terkasih dengan lebih tenang dan nyaman.

Selamat berliburan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: