Solusi Jusuf Kalla Atasi Lonjakan Pengungsi Rohingya, Singgung PBB dan Soeharto

Solusi Jusuf Kalla Atasi Lonjakan Pengungsi Rohingya, Singgung PBB dan Soeharto

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) mengatakan solusi untuk mengatasi kedatangan Rohingya ke Idnoensia yang terus menerus harus perlu adanya penanganan dari hulunya.

Jusuf Kalla menjelaskan penyebab masyarakat Rohingya mengungsi ke Indonesia diakibatkan konflik di Myanmar yang semakin hari kian memanas. Hal tersebut yang menyebabkan gelompang pengungsi Rohingya terus berdatangan.

Untuk itu Jusuf Kalla mengungkap solusi permasalahan pengungsi Rohingya ke Indonesia, yakni harus ditangani mulai dari hulunya. Dimana konflik internal Myanmar yang harus diselesaikan.

"Tentu solusi yang paling penting hentikan konflik, karena orang mengungsi karena konflik," ungkap Jusuf Kalla.

Namun Jusuf Kalla menyadari bahwa konflik yang terjadi di Myanmar tidaklah mudah untuk diselesaikan. Untuk penyelesaian konflik tersebut harus ada peran serta dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

BACA JUGA:Ternyata Orang Rohingya Jago Ngeles saat Ditanya Kenapa Buang Nasi Bungkus

Menurut Jusuf Kalla, persoalan masyarakat Rohingya, supaya bisa lebih memiliki ketentraman dalam hidup, PPB harus juga memikirkan peluang untuk mereka bisa bekerja dan bertahan hidup.

"Jadi mereka (pengungsi Rohingya) harus dicarikan tempat yang mereka bisa kerja. Dan itu tanggung jawab PBB sebenarnya," tegasnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa persoalan masyarakat Rohingnya seharunya menjadi permasalahan Internasional. 

Namun jika melihat total dari pengungsi Rohingnya ke Indonesia, hal tersebut belum bisa menjadi patokan untuk menjadikan masalah ini ke tingkat internasional jika melihat perbandinga dengan negara tetangga lainnya.

Menurut keterangannya, di Indonesia baru mencapai 1.500an, berbeda dengan di Eropa yang sudah mencapai jutaan pengungsi. Bahkan di wilayah Malaysia, pegungsi Rohingnya sudah mencapai 150 ribu jiwa.

Tentunya hal tersebut tidak sebanding dengan negara-negara lain yang menjadi tujuan mereka mengungsi dan keluar dari Myanmar.

BACA JUGA:Polisi : Rohingya Datang ke Indonesia untuk Cari Kerja, Bukan Mengungsi

Jusuf Kalla juga meminta kepada pemerintah untuk tetap menerima pengungsi Rohinya yang datang ke Idonesia. Meskipun sudah banyak penolakan yang terjadi di masyarakat karena perilaku para pengungsi yang mulai meresahkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: