Cek Jadwal Operasinonal dan Kesiapan Bank Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024

Cek Jadwal Operasinonal dan Kesiapan Bank Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2024

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Selama periode Natal dan Tahun Baru (Nataru), beberapa bank sudah menyesuaikan jadwal operasional dan menyiapkan uang tunai.

Untuk bank sentral yaitu Bank Indonesia (BI) telah melakukan penyesuaian jadwal operasional jelang libur Nataru sebagaimana pedoman pemerintah terkait Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023 dalam SKB 3 Menteri.

Sebagai informasi, hari raya Natal 2023 yang ditetapkan sebagai hari libur nasional jatuh pada Senin 25 Desember 2023. Sementara cuti bersama hari Raya Natal dari pemerintah ditetapkan pada tanggal 26 Desember 2023.

Selain itu, libur Tahun Baru 2024 pada tanggal 1 Januari 2024 ditetapkan sebagai hari libur Nasional

Menjelang libur Peryaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, sejumlah Bank telah menetapkan jam operasional. Untuk itu penting bagi nasabah memperhatikan jam operasional Bank agar pelayanan bisa tercukupi sebelum libur.

Pelayanan Bank akan terus berlanjut meskipun dalam situasi libur Nataru agar mobilitas perekonomian Indonesia tidak berhenti.

BACA JUGA:Tips Liburan Aman dan Nyaman Jelang Nataru, Cek Tarif Tol Tujuan Anda Lewat 6 Aplikasi Ini

Berikut jadwal operasional dan kesiapan bank selama periode libur Natal 2023 dan tahun baru 2024:

1. Bank Mandiri

Bank Mandiri telah bersiap mengoperasikan ATM yang tercatat sebanyak 13.068 mesin yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Bank Mandiri memproyeksikan akan terjadi puncak kebutuhan pengisian uang ATM jatuh pada dua hari sebelum perayaan Hari Raya Natal 2023 dan dua hari sebelum tahun baru 2024.

Untuk itu, Bank Mandiri menyiapkan kebutuhan uang tunai secara net sebesar Rp23,2 triliun untuk mengantisipasi kenaikan kebutuhan transaksi masyarakat di periode Natal 2023 dan tahun baru 2024. Jumlah itu meningkat sebesar 18,3% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Dana tersebut dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan transaksi tunai masyarakat selama 33 hari sejak 1 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menyatakan peningkatan alokasi tersebut dilakukan menyusul proyeksi kenaikan transaksi ATM masyarakat.

“Kami memperkirakan transaksi nasabah pada periode Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2024 akan mengalami peningkatan. Untuk itu, kami mengoptimalkan layanan digital untuk mendukung kantor cabang dalam melayani kebutuhan nasabah pada masa Nataru 2023,” ujar Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: