Terungkap Ini Alasan KPU Ganti Dua Panelis Debat Pemilihan Presiden 2024

Terungkap Ini Alasan KPU Ganti Dua Panelis Debat Pemilihan Presiden 2024

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jajaran Panelis dalam Debat Pilpres 2024 kedua akan rombak oleh KPU, apa alasannya?

Komisi Pemiluhan Umum (KPU) disebutkan akan mengubah jajaran panelis dalam debat Pilpres 2024 putaran kedua yang akan di gelar pada 22 Desember 2023.

Komisioner KPU August Mellaz mengatakan penggantian atau merubah panelis karena mengikuti tema. Selain itu, tentunya sesuai proporsinya dengan perubahan isu. 

"Ya tentu (panelis) berubah, berbeda begini, karena kan isunya berubah," ucap Komisioner KPU August Mellaz pada Jumat 15 Desember 2023. 

Namun, KPU belum mengumumkan siapa saja nama-nama yang akan dipilih untuk menjadi panelis dalm debat Pilpres 2024 kedua. 

BACA JUGA:Rencana Besar Prabowo Jika Kembali Gagal di Pilpres 2024: 'Saya Akan Naik Gunung'

BACA JUGA:Profil 11 Panelis Debat Capres Cawapres Perdana Pilpres 2024: Mayoritas Ahli Akademis

August hanya menjelaskan bahwa panelis akan dikarantina dua hari sebelum pelaksanaan debat, seperti yang dilakukan pada debat perdana waktu itu.

"Belum, nanti segera kita putuskan, gini kalau kami punya timeline, misalnya kalau kita ngukur tanggal 22 Desember pelaksanaan untuk debatnya maka kalau lihat pola kemarin, paling tidak dua hari sebelumnya panelis karantina kan begitu," katanya. 

Untuk diketahui, KPU menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024. Berikut jadwal debat Capres dan Cawapres: 

1. Debat pertama berlangsung pada 12 Desember 2023 dengan tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemerintahan, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik, dan Kerukunan Warga. Debat ini menjadi porsi capres. 

2. Debat kedua berlangsung pada 22 Desember 2023 dengan tema Pertahanan, Keamanan, Geopolitik, dan Hubungan Internasional. Debat kedua menjadi porsi cawapres. 

3. Debat ketiga berlangsung pada 7 Januari 2024 dengan tema Ekonomi (Kerakyatan dan Digital), Kesejahteraan Sosial, Investasi, Perdagangan, Pajak (Digital), Keuangan, Pengelolaan APBN serta APBD, dan Infrastruktur. Debat kedua menjadi porsi capres.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan 11 nama panelis yang akan merumuskan bahan-bahan, yang akan digunakan untuk debat perdana capres pada Selasa (12/12) lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: