7 Solusi Efektif Mengatasi Emergency Calls Only pada Smartphone Android, Gampang Banget!

7 Solusi Efektif Mengatasi Emergency Calls Only pada Smartphone Android, Gampang Banget!

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masalah jaringan pada smartphone android atau di kenal juga dengan masalah “Emergency calls only” adalah beberapa masalah umum yang sering dihadapi pengguna Android.

Emergency calls only adalah masalah jaringan yang menghalangi pengguna memanfaatkan fungsi berbasis jaringan apa pun pada perangkat smarphone android.

Akibatnya, ponsel tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan, mengirim SMS, dan terhubung ke jaringan data seluler.

Ada tiga masalah apabila Perangkat Android mengalami “Emergency calls only”  karena salah satu dari tiga hal berikut: sinyal yang lemah, masalah pada perangkat lunak, atau perangkat keras yang rusak.

BACA JUGA:

Selama penyebab masalah ini bukan karena kerusakan perangkat keras, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencoba memperbaikinya.

Di artikel RadarPena hari ini akan kita berikan beberapa solusi efektif apabila ponsel android mu mengalami Emergency calls only, ikuti terus artikelnya ya!

1.  Periksa Koneksi Jaringan

Sebagian besar kasus kegagalan melakukan panggilan di ponsel Android terjadi akibat kurangnya dukungan koneksi jaringan. Untuk mengetahuinya, periksa bilah jaringan di bagian atas dan lihat kekuatan jaringan seluler.

Jika kamu melihat telepon sering kehilangan sinyal jaringan, kemungkinan inilah penyebab kamu sering mengalami masalah dalam melakukan panggilan dan telepon mungkin memberimu pilihan panggilan darurat saja.

Jika kamu sering menghadapi masalah jaringan, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengganti operator seluler. 

2.  Aktifkan dan Nonaktifkan Mode Pesawat

Untuk mengatasi masalah “Emergency calls only”, kamu mungkin perlu me-reboot koneksi jaringan juga. Caranya cukup sederhana:

  1. Buka bilah notifikasi dan cari ikon Pesawat.

  2. Ketuk dan aktifkan selama beberapa waktu.

  3. Selanjutnya, nonaktifkan dan coba lakukan panggilan.

  4. Masukkan kembali kartu SIM.

Karena satu dan lain hal, kartu SIM bisa sedikit bergeser dari posisi normalnya di dalam tempat SIM. Jika ini terjadi, perbaikan termudah adalah mematikan perangkat dan mengeluarkan SIM.

Setelah itu, tiupkan udara ke kartu SIM dan ke dalam slot tempat SIM untuk menghilangkan kotoran atau bisa juga di lap dengan tissu yang di basahi minyak kayu putih. Selanjutnya, pasang kartu SIM pada tempatnya dan periksa apakah hal tersebut dapat menyelesaikan masalah.

4.  Ubah Jenis Jaringan

Sebagian besar HP Android memungkinkan pengguna memilih mode jaringan pilihan, seperti 2G, 3G, 4G, atau 5G. Jika kamu berada di area dengan penerimaan sinyal rendah, cobalah beralih ke mode jaringan lain untuk menerima sinyal yang layak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: