Gibran Menjawab! Ternyata Ini Alasan Kerap Absen Debat Cawapres

Gibran Menjawab! Ternyata Ini Alasan Kerap Absen Debat Cawapres

"Mas Gibran itu sampai sekarang belum mengambil cuti untuk kegiatan debat, baik yang diadakan televisi, media, ataupun yang lain-lain," ujar Afriansyah.

BACA JUGA:Komentar Gibran Rakabuming Soal Sindiran Megawati: Baru Berkuasa Mau Seperti Orde Baru

BACA JUGA:Gibran Rakabuming Raka Janjikan Dana Abadi untuk Pesantren

Menurutnya Gibran akan mengambil cuti untuk debat Cawapres yang diselenggarakan oleh KPU. Diketahui, debat perdana oleh KPU dijadwalkan pada tanggal 12 Desember 2023.

"Beliau akan mengambil cuti dan debat itu resmi ketika KPU yang menyelenggarakannya," tambahnya.

Atas dasar hal itu, Afriansyah menepis anggapan bahwa alasan Gibran kerap absen menghadiri debat Cawapres lantaran takut.

"Jadi jelas salah satu apa yang disampaikan bebrapa pihak bahwa Mas Gibran takut berdebat itu menurut saya tidaklah benar," ujarnya.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu mengatakan akan mengikuti debat capres-cawapres tersebut, dengan format sesuai putusan KPU.

Saat ini, debat capres-cawapres pada Pilpres 2024 menuai pro-kontra setelah ada sedikit perubahan terkait format teknis pelaksanaannya. 

Dimintai tanggapan lebih lanjut tentang format debat capres-cawapres tersebut, Gibran kembali menyatakan akan mengikuti saja putusan KPU nantinya.

"Saya ngikut saja putusan KPU, nggih," ucapnya.

Format debat capres-cawapres dalam Pilpres 2024 akan diselenggarakan oleh KPU sebanyak lima kali. Tiga kali debat capres, dua kali debat cawapres.

Sebelumnya pada Pilpres 2019 ada diberikan waktu khusus bagi capres sendiri, dan cawapres secara mandiri. Pada debat pamungkas, dihadirkan pasangan capres-cawapres secara bersamaan.

Namun dalam debat kali ini, KPU akan menampilkan debat cawapres dengan didampingi capres. Menurut penjelasan Komisioner KPU Idham Holik, dalam debat kali ini pasangan capres-cawapres akan hadir secara bersamaan. Dalam debat cawapres yang akan menghadirkan capres, porsi bicara hanya diberikan kepada cawapres.

Adapun saat debat capres yang akan dihadiri cawapres, porsi bicara hanya diperuntukan kepada capres. Begitu juga pada saat debat cawapres, aktor utamanya adalah cawapres secara mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: