7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Buni untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

7 Manfaat Mengkonsumsi Buah Buni untuk Kesehatan yang Sayang untuk Dilewatkan

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Buah buni adalah salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, khususnya di Indonesia. Saat ini, Buah buni mulai langka dan sulit dicari di Indonesia. Padahal ada banyak manfaat Buah buni untuk kesehatan. 

Buah ini memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga sering digunakan sebagai bahan untuk aneka makanan dan minuman, seperti smoothies, jus, dan es krim.

Di Jawa, buah buni sering disebut wuni. Sementara masyarakat Sunda menyebut buah buni sebagai huni. Di luar negeri, buah buni bisa difermentasikan menjadi minuman beralkohol maupun selai. 

Buah buni matang berwarna keungu-ungan karena mengandung kadar antosianin yang tinggi. Antosianin adalah senyawa yang bermanfaat untuk menjaga elastisitas pembuluh darah.

BACA JUGA:

Namun, selain rasa yang enak, buah buni juga kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi buah buni yang perlu Anda ketahui :

1.  Daya Tahan Tubuh 

Kandungan vitamin C dosis tinggi pada buah buni dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Buah ini juga kaya serat yang dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan serta mencegah terjadinya kanker usus (colon). Buah buni bisa dimakan langsung atau dimasukkan dalam olahan makanan.

2.  Sumber Antioksidan Tinggi

Buah buni mengandung banyak antioksidan, terutama vitamin C dan vitamin E. Antioksidan sangat penting dalam melawan radikal bebas, yang dapat menyebabkan kerusakan sel dalam tubuh.

Dengan mengonsumsi buah buni secara rutin, Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes.

3.  Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan vitamin C dalam buah buni juga sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C diperlukan dalam produksi kolagen, protein yang penting untuk menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit. Selain itu, vitamin C juga membantu dalam mengurangi kerusakan dan inflamasi pada kulit akibat paparan sinar UV.

4.  Meningkatkan kesehatan pencernaan

Buah buni mengandung serat yang tinggi, yang merupakan komponen penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Serat membantu meningkatkan sistem pencernaan dengan mendorong kontraksi otot halus di usus, sehingga membantu mencegah sembelit dan menjaga kesehatan usus. Makan buah buni juga dapat membantu meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh.

5.  Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Kandungan serat dan antioksidan dalam buah buni juga membantu dalam menjaga kesehatan jantung. Serat membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Selain itu, antioksidan dalam buah buni melindungi sel dan arteri dari kerusakan akibat radikal bebas, yang juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6.  Menjaga Kesehatan Mata

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: