Ini Alasan Google Pertimbangkan Tunda Peluncuran Chatbot Gemini AI

Ini Alasan Google Pertimbangkan Tunda Peluncuran Chatbot Gemini AI

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Google dikabarkan menunda peluncuran Chatbot berbasis teknologi AI (Artificial Intelligence) generasi berikutnya yang sebelumnya sudah di nanti-nanti.

Rencana awal Chatbot AI yang diberi nama Gemini ini akan diluncurkan pada November 2023. Namun, berdasarkan laporan dari Sammobile Gemini ini baru akan diluncurkan pada awal tahun 2024 mendatang.

Pertimbangan Google menunda peluncuran Chatbot AI ini karena adanya beberapa faktor, kekhawatiran mengenai kualitas kelauaran Gemini dan pentingnya penyempurnaan lebih lanjut untuk mengintegrasi model tersebut dengan produk cloud Google secara lancar.

Selain itu, alasan lain dari penundaan peluncuran Chatbot Gemini karena ketidaksiapan chatbot tersebut yang sempat mengalami kesulitan untuk menjawab pertanyaan tertentu yang tidak berbahasa Inggris.

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Uang dengan Mudah Melalui Google Adsense, Ini Tipsnya!

BACA JUGA:Google Glass, Teknologi Kacamata Masa Depan yang Batal Di Jual karena Kontroversinya!

CEO Google Sundar Pichai mengatakan setelah melakukan beberapa uji coba dari penelitian internal, Google menemukan bahwa AI tidak dapat menangani beberapa pertanyaan non-Iggris dengan andal. Hal ini yang membuat dirinya memutuskan untuk menunda peluncuran Gemini di tahun 2023.

Menurutnya dukungan bahasa global adalah salah satu faktor kunci bagi Google untuk melampaui GPT-4 OpenAI. Dan Gemini belum mencapai standar tersebut.

Sebelumnya, Gemini akan memulai debutnya yang diawali dengan serangkaian acara di California, New York, dan Washington DC, Amerika Serikat. Google meyakini bahwa gemini sebagai AI percakapan yang paling kuat hingga saat ini.

Untuk memenuhi ambisi menjadikan Gemini sebagai alternatif yang lebih unggul dibandingkan GPT-4 OpenAI, dukungan bahasa global menjadi sangat penting bagi Google.

Sampai Gemini dapat menunjukan kemahiran dalam menangani pertanyaan non-Inggris, Google menganggap masih terlalu dini untuk memperkenalkan ke pasar yang lebih luas.

Meskipun penundaan ini mungkin menimbulkan kemunduran sementara bagi Google dalam persaingan kompetitif melawan raksasa teknologi seperti OpenAI yang juga mengembangkan LLM mereka sendiri, Google tetap teguh dalam komitmennya untuk menghadirkan produk dengan kualitas luar biasa.

CEO Google Pichai telah menekankan komitmen perusahaan untuk menghadirkan produk yang kompetitif dan canggih dengan Gemini 1.0.

 BACA JUGA:Makin Mengancam dan Bikin Resah, Google Siapkan Proyek Ai ChatBot Untuk Saingi ChatGPT

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: