Daftar Atlet Bulu Tangkis yang Wakili Indonesia di BWF World Tour Final 2023

Daftar Atlet Bulu Tangkis yang Wakili Indonesia di BWF World Tour Final 2023

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Di tahun lalu, Indonesia dapat mengirimkan wakilnya lengkap dalam lima sektor untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. Namun di tahun ini, Indonesia belum bisa meneruskan rekor yang cukup baik tersebut.

Seluruh wakil tanah air itu berasal dari empat sektor yang berbeda, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, dan ganda putri. Hanya saja, skuad Indonesia tak punya wakil dari ganda campuran.

Kemudian masing-masing satu di Tunggal Putri dan Ganda Putri. Sementara itu disektor Ganda Campuran Indonesia tidak memiliki wakil.

Padahal Indonesia dalam sejarahnya selalu berhasil meloloskan setidaknya satu wakil di World Tour Finals atau Super Series sejak kali pertama digelar pada tahun 2008.

BACA JUGA:

Indonesia sendiri berhasil mengirimkan enam wakilnya di empat sektor berbeda yakni, ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di tunggal putra.

Lalu ada Gregoria Mariska Tunjung, dan juga Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti yang jadi satu-satunya wakil di tunggal putri.

Selanjutnya ada Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di ganda putra. Sedangkan ganda campuran tidak mengirimkan satu pun wakilnya.

Keenam pebulutangkis tersebut pun punya pencapaian terbaik mereka, sehingga poinnya mencukupi untuk tampil di turnamen elit tersebut. 

  • Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto jadi wakil Indonesia pertama yang mengamankan tiket ke BWF World Tour Finals 2023. Fajar/Rian dinyatakan lolos sejak akhir Oktober 2023 lalu. Mantan pasangan ranking satu dunia ini menempati posisi kedua di klasemen BWF World Tour Finals 2023 dengan mengumpulkan 92.400 poin. Sementara posisi pertama ditempati wakil China, Liang Wei Keng/Wang Chang dengan capaian 100.740 poin. Dari deretan wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2023, Fajar/Rian terbilang paling dominan dengan mengantongi dua gelar juara dari turnamen Super 1000 sepanjang tahun ini, yakni Malaysia Open 2023 dan All England 2023.

  • Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Meski tak pernah juara pada tahun ini, namun Bagas/Fikri kerap menjadi tulang punggung bagi Indonesia walau berakhir sebagai runner-up dua kali. Yakni di ajang Orleans Masters (S300) usai kalah dari Chen Boyang/Liu Yi dengan skor 19-21 dan 17-21 di babak final. Lalu kembali kalah di babak pamungkas usai mengakui keunggulan Liang Wei Keng/Wang Chang dengan skor 10-21 dan 15-21 di Thailand Open 2023.

  • Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti

Ganda putri dipastikan punya wakil di BWF World Tour Finals 2023. Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti memastikan diri tampil di Hangzhou, China usai menang tanpa laga melawan rekan sepelatnas mereka, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi yang memutuskan mundur di babak 32 besar China Masters 2023. Apriyani/Fadia sejatinya berada di peringkat kesembilan klasemen BWF World Tour Finals 2023 dengancapaian 81.870 poin. Namun, aturan maksimal dua wakil dari satu negara membuat keduanya menempati posisi ketujuh. Apriyani/Fadia jadi satu-satunya wakil ganda putri Indonesia yang berlaga di ajang tutup tahun ini. Apriyani/Fadia tahun ini mengantongi gelar juara dari Hong Kong Open 2023. Satu runner-up juga diamankan Apriyani/Fadia dari ajang Hylo Open 2023.

BACA JUGA:

Nama Gregoria Mariska Tunjung untuk kali kedua dipastikan aman mengunci tiket BWF World Tour Finals. Kemenangannya di Kumamoto Masters Japan 2023 memastikan raihan poinnya masuk dalam jajaran delapan besar. Gregoria menempati peringkat delapan dengan capaian 80.340 poin. Sepanjang 2023, sudah dua gelar diamankan Gregoria yakni Spain Masters 2023 dan Kumamoto Masters Japan 2023. Gregoria bahkan mencetak sejarah sebagai tunggal putri Indonesia pertama yang memenangkan gelar Super 500 usai berlaga di Jepang.

  • Anthony Sinisuka Ginting

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: